25 Feb 2016 16:00

Ingin Rumah Terlihat Asri, Coba Tanaman Merambat di Dinding Rumah Anda

Ingin Rumah Terlihat Asri, Coba Tanaman Merambat di Dinding Rumah Anda

Kaganga.com, Palembang - Tanaman yang merambat di dinding yang ada di perkantoran maupun rumah sudah seringkali kita lihat dan jumpai. Tanaman yang merambat di dinding itu merupakan suatu kreatif yang memang disengaja di tanam oleh pemilik bangunan,  dan memang sudah biasa dilakukan sejak jaman dahulu. Si pemilik bangunan sengaja menanam jenis tanaman merambat tertentu hingga menjalar di dinding bangunan. Tujuannya agar menambah kesan asri saat berada di bangunan yang mereka miliki tersebut, dan yang pasti agar bangunan menjadi lebih menarik meski terkesan tua atau old style.

Di kemukakan oleh Arsitek di Palembang, Dessy Natalya Simatupang, tanaman merambat yang dapat diletakan di bagian dinding rumah ataupun pagar sudah ada sejak puluan tahun yang lalu di manfatkan oleh masyarakat. Oleh karna itu, fenomena ini bukanlah sesuatu yang baru untuk dipandang mata ataupun di bidang arsitektur. Terlebih lagi, bangunan-bangunan di mancanegara pun banyak yang juga telah menerapkannya.

" Walau termasuk old-style, namun masih banyak masyarakat sekarang yang menerapkannya, termasuk di Palembang. Tujuanya juga jelas, yakni ingin membuat bangunan terlihat lebih asri dan indah," kata Dessy, Rabu (24/2/2016).

Ia juga mengatakan, cukup banyak tanaman merambat yang bisa dipilih untuk ditanam di bagian dinding bangunan. Dan, jenis-jenisnya sangat bagus dilihat. Cukup disesuaikan dengan bentuk dan warna rumah, tanaman merambat ini diyakini tidak akan merusak penampilan rumah. Masih di katakannya butuh waktu yang ekstra untuk menerapkan tanaman merambat di dinding bangunan.

Waktu ekstra itu sendiri dibutuhkan untuk melakukan perawatan yang optimal terhadap tanaman, seperti salah satunya adalah merapikan struktur tanaman. Jika tanaman itu semrawut, pemandangan yang terlihat akan terkesan kumuh seakan rumah tersebut tidak ada penghuninya. Apalagi jika tanaman yang dipilih memang memiliki daun yang lebat.

Untuk itu, lokasi penempatan tanaman merambat, bisa disesuaikan dengan selera penghuni bangunan. Kebanyakan, tanaman merambat ini diaplikasikan di dinding pagar beton. Tujuanya menguatkan kesan alam dari rumah yang dipagari tersebut. Untuk di Palembang, masih sedikit yang menerapkanya di dinding rumah.

Penulis : B Kurniadi
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Tanaman Rambat Asri

Komentar