7 Des 2015 19:45

Kodam II/Swj Siaga Amankan Proses Pemilukada

Kodam II/Swj Siaga Amankan Proses Pemilukada

 

Kaganga.com, Palembang - Dalam menghadapi Pemilukada serentak tanggal 9 Desember 2015, seluruh prajurit Kodam II/Swj diperintahkan untuk terus siap siaga dalam mengamankan proses Pemilukada dan tetap menjunjung tinggi sikap netralitas TNI dimanapun bertugas dan berada.

Demikian disampaikan Asisten Operasi (Asops) Kasdam II/Swj Kolonel Inf Danny Alkadrie ketika bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara Bendera Mingguan, Senin (7/12/2015) di Lapangan Upacara Makodam II/Swj, Palembang.

Terkait Pemilukada serentak ini, Kolonel Inf Danny juga menekankan kepada seluruh Komandan Satuan di jajaran Kodam II/Swj untuk menyiapkan pasukannya dalam rangka mengantisipasi Bangsit yang mungkin berkembang di wilayah Sumbagsel, terutama wilayah yang akan menggelar Pemilukada serentak.

Perlu diketahui bahwa dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pemilukada serentak di wilayah Kodam II/Swj (Sumbagsel), yang meliputi 34 Pemilukada, yakni 2 Pilgub, 3 Pilwakot dan 29 Pilbupati, Kodam II/Swj telah menyiapkan 1.694 personel. Setiap Kodim yang ada Polres di BKO-kan 1 Ton TNI (31 orang).

Sedangkan dalam pelibatannya, Kodam II/Swj mengacu pada MoU (Nota kesepahaman) antara Polri dengan TNI tentang Perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka memelihara Kamtibmas. Sementara kepada seluruh PNS di satuan jajaran Kodam II/Swj yang mempunyai hak pilih ditekankan untuk mempergunakan hak pilihnya di wilayah tempat tinggalnya sesuai hati nurani.

“Jangan terpengaruh oleh kelompok tertentu yang akan mempengaruhi dalam proses Pemilukada’, tandas Asops Kasdam II/Swj. Pada bagian lain arahannya Asops Kasdam II/Swj juga menyampaikan himbauan terkait datangnya musim hujan yang terkadang disertai angin kencang, agar warga masyarakat, termasuk prajurit dan PNS Kodam II/Swj untuk berhati-hati dan waspada, kemungkinan terjadinya banjir dan pohon-pohon besar yang berada di sekitar pemukiman, yang sewaktu-waktu dapat roboh dan mengancam keselamatan diri dan keluarga.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, para Staf Ahli Pangdam II/Swj, para Asisten Kodam dan para Kabalak di lingkungan Makodam II/Swj serta segenap prajurit dan PNS
Kodam II/Swj. 

Terpisah, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Iza Fadri mengatakan beberapa kerawanan yang perlu mendapat perhatianantara lain adalah terjadinya konflik antar pendukung Parpol Peserta Pemilu,sabotase distribusi logistik Pemilu, poliitik uang, unjuk rasa dengan mengerahkan masa yang berpotensi mengarah anarkis, manipulasi suara, penculikan calon dan petugas pelaksana pemilu, intimidasi kepada pemilih dan beberapa kerawanan lainnya akan mempengaruhi pelaksanaan pemilu secara keseluruhan apabila tidak diantisipasi dengan baik.

" Untuk itu saya perintahkan kepada seluruh petugas pengamanan untuk mempertajam deteksi dini terhadap setiap perkembangan situasi yang berpotensi mengarah menjadi gangguan Kantibmas dan lakukan tindakan tegas kepada setiap pelaku dari kelompok manapun yang melanggar hukum karena pengamanan ini pada dasarnya bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat luas, pertama kita persiapkan personil, dari kita ada yang kita BKOkan dan stanbaykan di Polres," Katan di Mapolda Sumsel, kemarin

Ketika ditanyakan bagaiman jika ada calaon kepala daerah yang melakukan serangan pajar, bagaiman tindakan tegasnya. Pihaknya mengatakan hal tersebut bukan kewenangan pihaknya namun pihaknya akan membantu pihak panwaslu.

" Itu kewenangan panwaslu, jadi pihak kita hanya membantu." Ungkapnya

Tambahnya, dirinya juga mengatakan jika dalam pengamanan di beberapa daerah pihaknya akan secara merata melakukan pengaman di daerah yang melaksanakan pilkada.

" personil kita ada 4562 personil dari kepolisian yang disiagakan, 4447 personil kepolisian juga yang disiagakan untuk cadangan, ada juga yang Distanbaykan juga di Polres, jadi semua daerah jadi perhatian khusus dan juga pihak kita akan mewaspadai sebelum pencoblopsan dan setelah pencoblosan," Pungkasnya

Penulis : B Kurniadi
Editor : Riki Okta Putra

Tag : kodam II/swj pilkada upacara bendera

Komentar