12 Jan 2016 21:40

Pantau Padat Lalu Lintas, Polresta Palembang Gelar Patroli Jalan Raya

Pantau Padat Lalu Lintas, Polresta Palembang Gelar Patroli Jalan Raya

 

Kaganga.com, Palembang - Untuk memantau kepadatan volume arus lalu lintas dan mulai tingginya intensitas pembangunan di Kota Palembang, aparat Satuan Lalu lintas Polresta Palembang tengah intens menggelar patroli menggunakan mobil dan motor di jalan raya.

Kasat Lantas Polresta Palembang Kompol Benny Prasetya mengatakan, kepadatan arus lalu lintas mulai merata dikarenakan kondisi tersebut.

"Untuk memantau kepadatan arus lalu lintas kita juga intes melakukan patroli lalu lintas," kata Benny.

Menurut mantan Kapolsek Seberang Ulu (SU) I ini, disetiap jalan juga di tempatkan anggota yang siap mengurangi kemacetan sebanyak dua orang. Apabila terjadi kemacetan mobil dan motor patroli akan segera membantu untuk mempertebal anggota di wilayah sekitar.

"Anggota Lantas juga tidak ada penambahan terus menerus. Jadi kita kekurangan personil untuk mengamankan semua arus lalu lintas di Kota Palembang. Solusinya jadi seperti itu mobil dan motor patroli siap dibantukan untuk turun,"ujarnya.

Dilanjutkannya, apabila kemacetan di Kota Palembang tidak bisa dielakan lagi. Pihaknya memberikan solusi terakhir yang memang terpaksa harus diambil yakni, rekayasa lalu lintas. Kendati banyak masyarakat pengguna jalan terkadang sulit menerima apabila terjadi peralihan jalan.

"Tentunya akan kita lihat dulu apa untungnya dan kondisinya seperti apa. Baru kita ambil langkah rekayasa jalan. Karena itu juga solusi terakhir, apabila benar-benar mendesak dan arus lalu lintas macet total. Apabila ada solusi terbaiknya rekayasa jalan terpaksa kita lakukan,"jelasnya.

Benny memberikan himbauan kepada masyarakat Palembang khususnya remaja yang tidak memiliki kesibukan atau kebutuhan lebih baik tetap berada di rumah atau lingkungan mereka sekitar saja. Karena kepadatan di Kota Palembang di khawatirkan menganggu aktifitas warga yang benar-benar membutuhkan waktu cepat dan nyaman didalam menjalankan kendaraannya.

"Apabila tidak penting-penting benar sebaiknya istirahat saja di rumah. Dari pada di jalan macet dan panas. Khususnya anak anak remaja yang hanya bertujuan keliling-keliling Kota, lebih baik istirahat atau bermain di sekitar lingkungan rumah saja," himbaunya.

Ditambahkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang Sulaiman Amin mengatakan, pihaknya juga siap membantu penambahan personil tim pengurai kemacetan apabila kemacetan parah terjadi di Kota Palembang. Amin juga menyadari kondisi ini tidak bisa dihindari lagi karena banyak pembangunan akan segera terealisasi nantinya.

"Kami bersama aparat kepolisian akan bahu membanhu mengurai kemacetan di Kota Palembang," jelasnya singkat.

Penulis : Fadhila Rahma
Editor : Riki Okta Putra

Tag : PJR patroli

Komentar