5 Mei 2020 19:35

Polsek Sukarami Ringkus Komplotan Spesialis Bobol Ruko

Polsek Sukarami Ringkus Komplotan Spesialis Bobol Ruko

Kaganga.com, Palembang - Empat tersangka spesialis pembobol ruko dan gudang berhasil diamankan Polsek Sukarami Palembang. Tiga dari empat pelaku dihadiahi timah panas petugas karena berusaha melawan saat dilakukan penangkapan.


Kapolsek Sukarami Palembang, Kompol Irwanto didampingi Kanit Reskrim, Ipda Marwan mengatakan, keempat tersangka adalah komplotan pelaku pencurian spesialis bobol ruko dan gudang. Sudah sekitar 10 kali telah melakukan aksinya di wilayah hukum yang sama.


Keempat tersangka yaitu, Rico (20), Andi (21), Abdul (20) dan  BH (16). Keempat tersangka ditangkap anggota Unit Reskrim Polsek Sukarami Palembang Sabtu (2/5) malam, saat akan melakukan aksi, mencuri toko elektronik di Jalan Kol. H Burlian KM 7 Palembang.


Diketahui, salah satu tersangka Andi merupakan residivis kasus pembunuhan yang belum lama keluar dari penjara sedangkan tersangka BH masih status pelajar dan di bawah umur.


“Setiap beraksi komplotan maling ini beraksi memanjat ruko atau gudang kemudian masuk melalui pintu atau jendela dengan cara membongkarnya pakai linggis lalu kemudian pelaku yang lain masuk,” ungkap Irwanto, Selasa (5/5/2020).


Setiap beraksi mereka menggunakan sistim acak, tidak tentu bersama tapi masih ada dua orang lagi yang juga termasuk komplotan mereka, kini dua orang lagi teman mereka belum tertangkap dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).


“Komplotan ini termasuk cerdas, saat beraksi sempat merusak CCTV ruko dan membawa rekaman atau hardis untuk menghilangkan bukti,” jelas Irwanto.


Beberapa tempat dari 10 lokasi yang berhasil dibobol komplotan tersebut diantaranya, apotek Kimia Farma, ruko spart park, servis center Yongma dan toko elektronik Burlian Jaya, sehingga komplotan tersebut berhasil memperoleh hasil hingga mencapai ratusan juta rupiah.


Dari hasil penangkapan empat tersangka, Polsek Sukarami juga berhasil mengamankan barang bukti 1 hardisk,1 linggis, baju dan celana pelaku.


Atas perbuatannya, para pelaku di jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : pembobol Ruko

Komentar