14 Ags 2015 16:30

Resmi, Pahri Dan Istri Tersangka KPK

Resmi, Pahri Dan Istri Tersangka KPK

 

Kaganga.com, Palembang - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Musi Banyuasin (Muba), Pahri Azhari, bersama dengan istrinya, Lucianty Pahri, sebagai tersangka kasus dugaan suap pengesahan APBD Muba dan Laporan pertanggung jawaban Muba di DPRD.

Menurut Plt Pimpinan KPK Johan Budi, penetapan tersebut merupakan pengembangan dari kasus operasi tangkap tangan di Muba beberapa waktu lalu.

"Ditemukan dua alat bukti yang cukup bahwa PA (Pahri Azhari) melakukan tindak pidana korupsi suap akan persetujuan LKPJ (Laporan Keuangan pertanggung jawaban Kepala Daerah) dan pengesahan APBD," ujar Johan saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Johan juga menyebutkan, pihaknya menetapkan Lucianty Pahri yang merupakan Anggota DPRD Sumatera Selatan.

Kedua diduga melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau Pasal 13 UU Tindak Pidana Korupsi.

Keterlibatan dua politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu dalam kasus ini terlihat jelas. Ketika KPK hendak melakukan menggelar reka ulang (rekonstruksi) Pahri dan Lucianty diundang untuk ikut serta bersama empat tersangka suap.

Operasi tangkap tangan terkait suap APBD Muba dilakukan KPK pada tanggal 19 Juni 2015 lalu di Palembang, Sumatera Selatan. Tim lembaga antirasuah membekuk dua anggota DPRD Muba saat hendak melakukan transaksi suap dengan dua orang pejabat pemerintah kabupaten.

Saat penangkapan empat tersangka, penyidik KPK menemukan uang tunai sekitar Rp2,5 miliar dalam pecahan Rp50 ribuan dan Rp 100 ribuan dalam tas merah marun yang diduga uang suap.

Setelah melakukan operasi, lembaga antirasuah langsung menetapkan empat orang tersangka. Mereka yakni tersangka dari legislatif Muba, diantaranya anggota DPRD asal PDIP Bambang Karyanto dan anggota DPRD asal Gerinda Adam Munandar.

Sementara dari pihak eksekutif Muba, tersangkanya adalah Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Muba Syamsudin Fei dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muba Fasyar.

Editor : Riki Okta Putra

Tag : Bupati Muba Pahri Azhari KPK

Komentar