26 Feb 2017 16:00

Harga Daging di OKI Mulai Turun

Harga Daging di OKI Mulai Turun


Kaganga.com, Kayuagung - Harga daging di Pasar Kayuagung mulai mengalami penurunan, setelah sebelumnya praktis tidak bergerak diangka Rp 140 ribu per kilogramnya. Harga daging sapi di Pasar Kayuagung, hari ini (Minggu, 26/2), turun menjadi Rp 120 ribu per kilogramnya. Kondisi ini tentu berdampak baik bagi masyarakat yang memang pengonsumsi daging sapi.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten OKI, H Husin, penurunan harga ini dipicu oleh menurunnya kebutuhan daging bagi warga diwilayah OKI. Kendati mengalami penurunan harga, warga diminta untuk memperhatikan konsumsi makanan setiap harinya.

“Masyarakat hendaknya sadar bagaimana cara hidup sehat,” ungkap Husin.

Kendati mengalami penurunan, namun harga daging di Kabupaten OKI memang sangat tinggi jika dibandingkan dengan daerah lain. Selain hanya satu penjual daging, hal tersebut juga dikarenakan animo masyarakat OKI yang minim mengkonsumsi daging. Pasalnya, wilayah OKI memiliki berbagai alternatif bahan makanan yang bisa dikonsumsi.

“Konsumsi daging bukanlah satu-satunya, kita banyak menghasilkan ikan. OKI ini kan banyak lebak, disana banyak tersimpan ikan dan berdampak pada murahnya harga ikan,” lanjut dia.

Selain daging, penurunan harga juga terjadi pada sejumlah kebutuhan pokok yang selama ini selalu membuat keresahan bagi ibu rumah tangga. Seperti harga bawang merah yang saat ini hanya Rp 34.000 per kilonya, bawang putih Rp 38.000 per kilonya, cabai merah besar Rp 60.000 per kilo, cabai merah keriting Rp 80.000 per kilo, dan cabai rawit Rp 80.000 per kilo.

“Memang harga cabai di OKI masih tinggi, akan tetapi kita sudah memiliki cara bagaimana supaya masyarakat tidak kesulitan mendapatkan cabai. Yakni dengan gerakan serentak menanam cabai yang sudah dilaunching beberapa waktu lalu,” kata dia lagi.

Dengan gerakan serentak menanam cabai ini diharapkan masyarakat bisa memenuhi kebutuhan keluarga sendiri. Pihaknya bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten OKI, akan menjalankan program ini untuk dilanjutkan kepada seluruh keluarga di OKI.

Penulis : Faetya Taba
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Daging

Komentar