23 Apr 2022 20:35

Asrama Santri Lebihi Kapasitas, Ponpes Hidayatul Qur'an Sungai Ceper Butuh Uluran Tangan

Asrama Santri Lebihi Kapasitas, Ponpes Hidayatul Qur'an Sungai Ceper Butuh Uluran Tangan

Kaganga.com OKI   ----   Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatul Qur'an Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  yang berdiri di atas tanah seluas 1 Ha, saat ini membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak.

Sementara Ketua Yayasan Ponpes Hidayatul Qur'an Sungai Ceper, Ustadz Heriyanto, S.Sos.i yang didampingi oleh Pengasuh Ponpes, Ustadz Lisen menjelaskan, saat ini santri di Ponpes Hidayatul Qur'an sudah berjumlah, 125 siswa tingkat MI, dan 25 siswa SMP Islam Hidayatul Qur'an. 

Lanjutnya, sementara itu untuk santri yang  mukim di Ponpes ada 30 orang, terdiri dari 15 orang santri laki-laki dan 15 orang perempuan yang menempati 2 bangunan semi permanen dengan ukuran 6×6 meter persegi. Tentu bangunan tersebut sudah tidak bisa memungkinkan lagi untuk ditempati, karena sudah melebihi kapasitas. Bahkan ada yang tidur di lokal kelas. Berbagai usahapun sudah dilakukan untuk mendapatkan dana pembangunan atau renovasi asrama santri tersebut.

"Alhamdulilah, kami sangat bersyukur atas kepercayaan para wali santri yang telah menitipkan anak-anak mereka di Ponpes Hidayatul Qur'an. Tapi kami khawatir, karena beberapa bulan lagi sudah memasuki tahun ajaran baru, sementara fasilitas yang ada tidak memungkinkan. Kami juga sudah berusaha mengajak masyarakat sekitar, tapi dana yang dibutuhkan sangatlah besar, maka dari itu kami memohon uluran tangan dari berbagai pihak yang ingin menyumbangkan sedikit rezekinya untuk mewujudkan keinginan ini,"ungkap Ustad Lisen, usai acara silaturahmi dan buka puasa bersama PT Sampoerna Agro, Jumat (22/04).

Menurut Ustadz Lisen, sebenarnya sejak awal berdirinya Ponpes Hidayatul Qur'an sudah banyak santri yang ingin mukim di Ponpes, tapi terpaksa ditolak, karena terkendala fasilitas saat ini.

"Kalau untuk pembangunan dan renovasi asrama tersebut lebih cepat itu lebih bagus, karena tidak lama lagi sudah memasuki tahun ajaran baru. Kalau asrama untuk santri sudah memungkinkan, maka itu sangatlah baik bagi perkembangan para santri, karena santri yang mukim lebih banyak menerima pembelajaran tambahan, untuk mengisi waktu kosong mereka,"ujarnya.

"Kami bantuannya, seberapapun donasi yang saudara-saudara berikan, itu sangatlah bearti bagi kami," tutupnya.

Penulis : Wahid Aryanto
Editor : Elly

Tag : OKI ponpes Hidayatul Qur santri OKI

Komentar