14 Feb 2023 15:45

Dilaksanakan Secara Serentak, Bawaslu Kabupaten OKI Mengadakan Apel Siaga Pengawasan

Dilaksanakan Secara Serentak, Bawaslu Kabupaten OKI Mengadakan Apel Siaga Pengawasan

Kaganga.com OKI -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melaksanakan kegiatan apel siaga pengawasan. Mengusung tema 'Satu Tahun Menuju Pemilu Serentak Tahun 2024', acara ini berlangsung secara nasional berdasarkan instruksi dari Bawaslu Republik Indonesia, Selasa, (14/02/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten OKI, Ihsan Hamidi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini secara serentak sesuai dengan instruksi Bawaslu RI.

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan apel siaga pengawasan dalam rangka persiapan menjelang pemilu tahun 2024, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak sesuai dengan instruksi dari Bawaslu pusat," katanya.

Ihsan menjelaskan, menjelang pemilu tahun 2024 mendatang Bawaslu Kabupaten OKI beserta jajaran siap mengawal proses tahapan pemilu dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada.

"Kita berharap menjelang pemilu tahun 2024 mendatang, Bawaslu OKI beserta jajaran bisa mengawal proses tahapan pemilu dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada. Tahapan yang sekarang sedang berlangsung ialah verifikasi faktual dukungan DPD RI diwilayah kabupaten OKI dan juga pemuktahiran data pemilih yang dilakukan oleh pantarlih," jelasnya.

Ihsan mengintruksikan, kepada seluruh jajaran dari tingkat kecamatan sampai desa untuk mengawasi pelaksanaan tahapan-tahapan yang sedang berlangsung dengan ketat dan mengkoordinasikan hasil dilapangan dengan Bawaslu kabupaten.

"Kita mengintruksikan seluruh jajaran mulai dari Panwascam dan PKD untuk mengawasi pelaksanaan tahapan-tahapan yang sedang berlangsung dengan ketat, dengan terukur dan juga mencatat dalam form pengawasannya, mengkoordinasikannya dengan Bawaslu Kabupaten OKI." imbuhnya.

Selain itu, kegiatan Bawaslu kabupaten OKI hari ini melaksanakan penandatanganan deklarasi kampanye pemilu damai serta melepas secara simbolis 18 balon udara sebagai tanda 18 partai politik di kabupaten OKI siap berkompetisi.

"Hari ini juga dilaksanakan penandatanganan deklarasi kampanye pemilu damai ditandatangani oleh seluruh peserta yang hadir, kemudian peguntingan pita menandai dibukanya posko kawal hak pilih dan secara simbolis kita melepas 18 balon udara sebagai penanda bahwa 18 partai siap berkompetisi di Kabupaten OKI." ucapnya. 

Ihsan berharap, seluruh masyarakat kabupaten OKI bersama Bawaslu, stakeholder dan media untuk bersinergi turut mengawasi proses tahapan pemilu dengan baik.

"Oleh karena itu, kami menghimbau seluruh masyarakat untuk ikut mengawasi proses tahapan pemilu yang baik. Kita pastikan tidak ada kecurangan-kecurangan dalam setiap tahapan-tahapan yang berlangsung, dan tentu kita berharap semua pihak stakeholder termasuk media juga bersinergi bersama Bawaslu OKI untuk mengawal pemilu yang bersih, damai dan senantiasa berjalan sesuai dengan koridor peraturan ketentuan undangan-undangan yang ada," pungkasnya. 

Turut hadir dalam acara kegiatan apel siaga, Ketua beserta Komisioner KPU Kabupaten OKI, Intelkam Polres OKI, Kesbangpol, Sekolah Kader Pengawas Partisipatif, Badan Eksekutif Mahasiswa, Panwacam dan PKD Kecamatan Kayuagung.

Penulis : Wahid Aryanto
Editor : Elly

Tag : OKI Bawaslu OKI

Komentar