28 Des 2021 16:55

Dua Rekontruksi Pompanisasi Air Tanggulangi Banjir di Palembang

Dua Rekontruksi Pompanisasi Air Tanggulangi Banjir di Palembang

Kaganga.com,Palembang - Pemerintah Kota Palembang mulai mengambil langkah untuk menanggulangi luapan air dengan melakukan rekontruksi pompanisasi saluran air di kawasan Sungai Bendung.

Hal ini dilakukan demi mengatasi persoalan banjir yang terjadi sejak Sabtu (25/12/2021). 

"Kami bakal rekontruksi sistem pompanisasi bersama PUPR karena dari enam pompanisasi hanya dua pompa yang bekerja secara maksimal," kata Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, Selasa (28/12/2021).

Selain rekontruksi pompanisasi, pihaknya turut melakukan peningkatan fungsi saluran air terutama di gorong-gorong. Pemkot Palembang juga membutuhkan bantuan masyarakat dalam menjaga lingkungan agar tidak ada kawasan tersumbat.

"Diperlukan juga pendekatan lebih intesif kepada masyarakat akan sosialisasi akan pentingnya menjaga kebersihan dan meningkatkan gotong royong,” jelasnya

Sedangkan menanggapi penanganan masalah banjir Palembang yang disebut lamban, Harnojoyo mengakui persoalan tersebut dipengaruhi sejumlah bangunan yang berdiri memang menutupi saluran air.

"Dan tak kalah penting untuk menertibkan bangunan yang menyalahi peruntukan," timpalnya.

Selain mengatasi masalah banjir dengan rekontruksi pompanisasi saluran air, Pemkot Palembang juga mengajak masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi hingga Januari tahun depan.

"Karena saat ini Palembang masuk fenomena La Nina dengan intensitas curah hujan tinggi.  Kita mengajak seluruh lapisan masyarakat aktif mewaspadai cuaca," pungkasnya

Penulis : Ines Alkourni

Tag : Pemerintah Kota Pale

Komentar