1 Nov 2022 15:00

Fraksi-Fraksi DPRD Muba Apresiasi Program Prioritas Pemkab Muba Tahun 2023

Fraksi-Fraksi DPRD Muba Apresiasi Program Prioritas Pemkab Muba Tahun 2023

Kaganga.com SEKAYU, - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Rapat Paripurna Masa Persidangan I Rapat ke - 28 dalam Rangka Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Musi Banyuasin terhadap Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 dan Raperda Inisiatif Pemkab Muba, serta Pendapat Pj. Bupati Muba terhadap 2 (Dua) Raperda Prakarsa DPRD Muba.

Rapat berlangsung di ruang Rapat Paripurna DPRD Muba dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sugondo bersama sejumlah Wakil Ketua DPRD dan dihadiri para Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan Anggota DPRD Muba, Senin (31/10/2022).

Dalam pemandangan umum tersebut, ke delapan Fraksi DPRD Muba secara keseluruhan mengapresiasi dan menyambut baik Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 Kabupaten Muba yang memfokuskan pada empat prioritas daerah yakni peningkatan pendapatan dan mengurangi beban masyarakat untuk menurunkan angka kemiskinan, kemudian meningkatkan produktivitas dan hilirisasi komoditas unggulan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membangun infrastruktur dasar yang berkualitas dan berwawasan lingkungan, dan meningkatkan kualitas SDM dan tata kelola pemerintahan.

Begitu juga dengan Raperda Inisiatif Pemkab Muba tentang Penambahan Modal Daerah kepada BUMD PT. Muba Energi Maju Berjaya (Perseroda), para juru bicara Fraksi DPRD Muba berharap Raperda tersebut dapat dibahas lebih lanjut oleh panitia khusus bersama Jajaran Pemkab Muba untuk dijadikan Peraturan Daerah Kabupaten Muba.

"Kami Fraksi Golkar DPRD mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pj Bupati dan jajaran yang telah berupaya maksimal dalam penyusunan nota keuangan RAPBD Kabupaten Muba TA 2023. Sehubungan dengan hal tersebut penggunaan APBD harus lebih fokus terhadap kegiatan yang bereksploitas produktif dan bermanfaat untuk peningkatan sumber daya manusia, guna membantu menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Muba," kata juru bicara Fraksi Golkar DPRD Muba M Ishak.

Senada, Juru Bicara Fraksi PDIP DPRD Muba Nyadianto SH juga menyampaikan bahwa Fraksi PDIP mendorong Pemkab Muba untuk memanfaatkan secara optimal APBD TA 2023 untuk program prioritas dan untuk kepentingan langsung masyarakat, serta ikut membantu memfasilitasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

"Semoga program prioritas yang dicanangkan Pj Bupati Muba dapat kesejahteraan masyarakat Muba," ucapnya.

Sementara itu Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi berharap 2 (Dua) Raperda Usulan DPRD Kabupaten Musi Banyuasin tentang Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten dan Raperda tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren, dapat bermanfaat untuk kepentingan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin.

"Kritik, saran dan catatan dari DPRD diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Daerah dalam Pembahasan Raperda tentang APBD (R-APBD) Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2023 dan tiga Raperda Tahun 2022," pungkasnya.

Editor : Elly

Tag : Muba DPRD MUBA

Komentar