13 Okt 2015 17:05

Gubernur Alex Noerdin Pimpin Briefing Satgas Bencana Asap Sumsel 

Gubernur Alex Noerdin Pimpin Briefing Satgas Bencana Asap Sumsel 

 

Kaganga.com, Palembang - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin memimpin langsung Briefing Pembagian Tugas Pelaksanaan Operasi Udara dan Darat dalam Penanggulangan Kabut Asap dan dilanjutkan dengan Pelepasan Tim Operasi Udara Penanggulangan Kabut Asap Dalam dan Luar Negeri di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Sumsel di Jalan Arah Sultan Mahmud Badarudin II (SMB II). Selasa (13/10/2015).

Gubernur H Alex Noerdin dalam kesempatan ini  mengatakan Sangat berterimah kasih kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Williem R serta pasukan TNI/Polri, Satgas, Mandala Agni, mayarakat pemadam api yang sudah sangat bekerja keras dalam membantu pemerintah Prov. Sumsel dalam mengatasi kabut asap ini. “ dengan segala upaya yang sudah sangat optimal dan maksimal atas kerja mereka. biasanya dimana tempat yang tidak bisa terjangkau oleh pasukan darat tetapi saat ini sudah bisa terjankau.” Tuturnya.

Kepala BNPB Pusat Williem R mengatakan, Sekarang potensi kebakaran yang paling terparah ada di Tulung Selapan, Saat ini bantuan - bantuan dari negara luar untuk seperti bantuan Heli Chinook, Pesawat Maritim Malaysia, ditambah 5 pesawat dari kita sudah ada dan siap beroperasi.

“Selain itu  masih ditunggu kedatangan 1 pesawat Hercules dari Singapore yang akan datang sore ini, Jadi Sudah kita lakukan upaya yang sangat optimal dalam memadamkan api.” Jelasnya

Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi BMKG SMB II Palembang, Agus Santosa menyampaikan tentang cuaca yang buruk di kota Palembang di dominasi pada pagi hari, setelah diatas jam 15.00 WIB cuaca mulai memburuk lagi.

“ Selain itu, untuk kondisi hotspot sekarang ini masih terpusat di daerah Tulung Selapan dan Sungai Menang.  Karena pada tanggal 12 oktober telah muncul lagi titik Hotspot di daerah itu. Untuk masalah titik hotspot yang ada di Air Sugian saat ini sudah menurun” Terang Agus Santosa.

Sementara, Satgas Darat Letkol Inf  Wahyudi HS mengatakan dalam melaksanakan operasi darat pasukan TNI sudah menerjukan 1 batalion pasukan untuk di Kab. MUBA dan 2 batalion di terjukan di dareah Kab. OKI. Dengan diterjukannya pasukan itu, semua titik api yang biasanya tidak bisa di lewati saat ini sudah bisa terjangkau dikarenakan tidak ada lagi titik api. Kemudian di dareah Air Sugian dan Cengal yang terjadi kebakaran, sudah tidak ada lagi kebaran dikarenakan telah terjadi hujan lebat.

Dilain Pihak Satgas Udara Letkol Pnb Fahlevi mengukapkan, Pasukan udara sudah menyiapkan pesawat untuk beroperasi hari ini, dengan menggunakan 2 pesawat yang akan terbang untuk memadamkan api yang ada di dareah pedamaran. “ Kemudian sore nanti  kita kedatangan 1 pesawat Hercules dari negara Singapore yang bisa mengangkut air sebanyak 15 ribu liter air.”  Jelasnya

 

Penulis : B Kurniadi
Editor : Riki Okta Putra

Tag : satgas BPBD Alex Briefing

Komentar