26 Sep 2022 16:05

Hadirkan Berbagai Kegiatan Untuk Pelajar Upaya Pemerintah Kenalkan Sejarah kepada Generasi Penerus

Hadirkan Berbagai Kegiatan Untuk Pelajar Upaya Pemerintah Kenalkan Sejarah kepada Generasi Penerus

Kaganga.com,Palembang - Pemerintah dianggap kurang memberi perhatian kepada aset aset yang bernilai Sejarah. Namun dengan adanya Otonomi Daerah tidak semua destinasi sejarah dimiliki oleh satu Pemerintah Daerah. Seperti Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). 

 

Hal ini diterangkan Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal,. katanya saat di Hubungi menjelaskan dengan adanya otonomi daerah, maka tidak semua destinasi wisata termasuk wisata sejarah di daerah adalah tanggung jawab dari pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas kebudayaan dan pariwisata Provinsi. 

 

"Karena sebagai wilayah ada juga tempat destinasi Sejarah yang merupakan kewenangan dari pemkab/ Pemkot. Termasuk pengelolaan destinasi sejarahnya. Pemprov Sumsel sendiri memiliki UPTD Museum Negeri Sumsel dan Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya," kata Aufa, Senin (26/9/2022). 

 

Lanjut dia, selama ini Pemerintah terus berupaya menggali peninggalan Sejarah yang ada di Sumsel apalagi pihaknya telah membentuk tim Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Provinsi Sumsel. Untuk mengamati, menilai dan mempertahankan serta melestarikan peninggalan sejarah yg tersebar di kabupaten kota se Sumsel.

 

"Sampai saat ini TACB Sumsel telah banyak melakukan visitasi atau kunjungan ke berbagai destinasi sejarah untuk di evaluasi dan di teliti. Sehingga akan dapat data kongkrit terhadap benda benda yang dianggap cagar agar dapat di lestarikan atau di daftarkan sebagai cagar budaya," ungkapnya. 

 

Selain itu, Aufa mengatakan pihaknya juga terus mengenalkan Sejarah yang ada di Provinsi Sumsel kepada anak anak penerus bangsa dengan mengadakan berbagai kegiatan, agar bisa mengetahui kekayaan sejarah dan budaya khususnya sejarah kerajaan Sriwajaya utamanya kepada para generasi muda. 

 

Bersama UPTD Museum Negeri Sumsel dan Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya telah melakukan berbagai kegiatan seperti lomba cerdas cermat mengenai museum, kemudian lomba Sang Juara dan lomba melukis bagi anak2 TK/PAUD dan SD/ SMP.

 

"Kegiatannya di lakukan di kawasan museum. Gunanya agar para pelajar atau siswa dapat mengenal museum sejarah lebih dekat, serta bisa mengetahui sejarah yang ada di daerahnya," pungkasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah Provinsi

Komentar