25 Feb 2022 16:55

Herman Deru : Karakter Pramuka yang Sportif dan Suka Menolong Harus Ditanamkan pada Generasi Muda Su

Herman Deru : Karakter Pramuka yang Sportif dan Suka Menolong Harus Ditanamkan pada Generasi Muda Su

Kaganga.com,PALEMBANG - Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang juga merupakan Ketua Majelis Bimbingan Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Sumsel, resmi melantik  Drs. H. Riza Fahlevi sebagai Ketua Kwartir Daerah  (Kwarda) Sumsel periode 2022-2027 di Auditorium Bina Praja, Jumat (25/2) sore. 

Di bawah kepemimpinan Ketua Kwarda dan kepengurusan yang baru ini, Herman Deru berharap organisasi ke Pramukaan tidak hanya disimbolkan dengan pakaian semata tapi karakter insan Pramuka yang sportif, berani menghadapi tantangan dan suka menolong benar-benar harus dapat masuk dan ditularkan dalam jiwa para generasi muda khususnya di Sumsel. 

"Tugas Ketua yang baru juga harus benahi dulu sel dan struktur organisasi jangan sampai di lapangan anak cucu tak kenal lagi dengan Pramuka," tegasnya. 

Kepengurusan ini lanjut Herman Deru sudah sangat kolaboratif dan diisi dengan orang-orang yang handal. Bahkan Ka Kwarda berasal dari tokoh pendidikan dan ada juga penguris lain yang merupakan tokoh politik. Dengan kolaborasi Ia meyakini gerakan Pramuka di Sumsel akan memiliki ciri tersendiri. 

Lebih jauh Herman Deru mengatakan  sebenarnya jiwa Pramuka dengan sendirinya sudah tertanam dalam keseharian setiap individu. Ciri khas Pramuka yang selalu satria dan terbuka inilah yang harus dicontohkan kepada generasi muda agar mereka menjadi generasi penerus yang berkarakter. 

" Ini harus kita contohkan pada generasi muda. Karena itu gerakan ini jangan hanya dihadirkan di sektor formal saja tapi di desa kan ada Karang Taruna atau Kelompok Pemuda untuk diajak menjadi anggota Pramuka dan mengamalkan nilai-nilai positifnya," jelasnya. 

Untuk mengembangkan gerakan ini di Sumsel dalam kesempatan itu Herman Deru juga  secara tegas menginstrukaikan agar Bupati/Walikota dapat memfasilitasi setiap gerakan positif Pramuka baik internal maupun external. 

Selain hal itu, Gubernur HD juga berpesan kepada Ketua Kwarda dan seluruh pengurus Gerakan Pramuka yang baru dikukuhkan untuk mempersiapkan Sumsel sebagai tuan rumah Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) Nasional.yang aka dipusatkan di Bumi Perkemahan Gandus. 

"Hal ini memerlukan aksi nyata dan persiapan agar kegiatan terlaksana dengan baik dan Sumsel sukses sebagai tuan rumah," jelasnya. 

Sementara itu Ka Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso melalui Sekjen Kwarnas Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar S.IP. M.AP mengatakan agar di tengah pandemi ini semua Kwartir Daerah menjaga semua kegiatan baik kecil maupun besar agar tidak menimbulkan kluster baru. Selain mematuhi prokes dalam berbagai kegiatan sesuai arahan Ka Kwarnas anggota Pramuka juga diminra mengembangkan gerakan kepedulian nasional. 

"Gerakan Pramuka itu memang mengedepankan empati dan simpati sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu Ia juga mengapresiasi kepengurusan Gerakan Pramuka di Sumsel karena meskipun dalam suasana prihatin masih tetap gembira dan tidak menyurutkan semangat untuk menjalankan berbagai kegiatan. 

Iapun berharap pasca dikukuhkan ini para pengurus segera menjalankan roda organisasi sebaik mungkin. Terlebih lagi dalam beberapa waktu dekat ada beberapa kegiatan besar nasional di antaranya Jambore Nasional, Pertikaranas, dan Jambore dunia. 

Di tempat yang sama Ka Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel Drs. H. Riza Fahlevi mengatakan bahwa pasca pengukuhan ini secepatnya Ia akan menjalankan tujuan fungsinya mengadakan pendidikan bagi kamu muda di luar sekolah sekaligus melengkapi pendidikan wajib selain di lingkungan keluarga dan sekolah. 

"Ini merupakan tugas berat dan mulia. Semoga kami dapat menjalankan visi dan misi menjadikan gerakan Pramuka sebagai wadah utama pembangunan insan berkarakter mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua," tutupnya. 

Adapun prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan surat Keputusan Ka Kwarnas Gerakan Pramuka. Masing-masing pengurus yang dilantik antara lain 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah Provinsi

Komentar