25 Ags 2015 18:15

Jadi Bupati OI,Yulizar Dinoto Kembali Akan Bertemu Asap

Jadi Bupati OI,Yulizar Dinoto Kembali Akan Bertemu Asap

 

Kaganga.com, Palembang - Penjabat Bupati OI, Yulizar Dinoto yang baru dilantik mengatakan, dirinya akan melaksanakan tugas yang telah diamanatkan dengan sebaik-baiknya. "Insya allah apa yang diinginkan Pak Gubernur dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, yang penting, kerukunan, hubungan baik harus dijaga. Insya Allah, kalau bersama-sama apa yang diinginkan Gubernur bisa terlaksanakan dengan baik," terangnya.

Program yang akan dijalankan, Noto menambahkan, dirinya akan melanjutkan apa yang telah direncanakan oleh Bupati OI, Mawardi Yahya dan Wakilnya.

"Disinkronkan dengan apa yang diharapkan oleh pak Gubernur dengan sebaik-baiknya," ulasnya, usai dilantik, di Griya Agung, Selasa ( 25/08/2015).

Untuk mengatasi kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten OI, Noto menjelaskan, dirinya akan segera berkoordinasi dengan seluruh jajaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OI, baik itu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), hingga tingkat kelurahan dan desa.

"Ada trik-trik yang akan kami lakukan dengan baik. Koordinasi skpd kan lebih bisa. Misalnya camat harus lebih bertanggungjawab tentang asap, kades juga itu yang paling pokok. Kalau OI dan OKI sudah aman asap, Insya Allah aman untuk Sumsel," paparnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sendiri menilai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Yulizar Dinoto cocok untuk memimpin Kabupaten OI, yang selama ini dikenal sebagai daerah dengan paling banyak titik hotspotnya. Sehingga, dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, tugas yang diamanatkan kepada Yulizar Dinoto sebagai Penjabat Bupati OI sangat berat. Karena, selain bertugas memimpin Kabupaten OI, juga harus mengatasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan di wilayah Sumsel. Untuk itu, pihaknya berencana untuk mencarikan penggantinya untuk sementara waktu ataukah definitif.

"Harus dicarikan, bisa plt sementara. Seperti misalnya, mengapa Pak Noto itu merangkap tugas itu berat, memadamkan api kebakaran. Dia di OI, karena di OI itu yang paling banyak hotspotnya. Jadi, sekaligus dia mensosialisasikan cara pencegahan kebakaran lahan," terangnya saat ditemui, Griya Agung, Selasa (25/8/2015).

Dia menambahkan, pihaknya menilai perlu dicarikan penggantinya. Sehingga, berbagai operasi pencegahan dan pemadaman kebakaran lahan dan hutan dapat dilaksanakan dengan lancar.

"Di institusinya itu harus ada penggantinya, baik sementara atau definitif nanti akan saya pikirkan. Karena tiap hari kami menggunakan waterbombing untuk modifikasi cuaca," ujarnya.

 

Penulis : Ambar Wai
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Yulizar Dinoto Plt Bupati OI Asap

Komentar