16 Jan 2016 18:05

Jalan HM Noerdin Pandji, Buah Penghormatan Untuk Sang Pejuang

Jalan HM Noerdin Pandji, Buah Penghormatan Untuk Sang Pejuang

 

Kaganga.com, Palembang - Jalan HM Noerdin Pandji Sabtu (16/01/2016) diresmikan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin. Jalan yan dulu bernama Jalan Kebun Sayur ini kini resmi bernama Jalan HM Noerdin Pandji. Seperti diketahui nama Jalan ini diambil dari nama pejuang asal Sumsel yang juga merupakan Ayahanda dari Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Tak pelak, orang nomor satu di Sumsel tersebut sempat menitikan air matanya, ini tak lain karena terkenang perjuangan ayahandanya, mendukung kemerdekaan Indonesia di Sumatera.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, jalan dengan nama HM Noerdin Pandji saat ini telah ada tiga, yakni jalan di Empat Lawang, Banyuasin, dan Talang Buruk berupa Jalan kecil.

Dalam pepaparannya di hadapan para tamu undangan yang hadir. Raut muka Gubernur terlihat merah dan juga sedih saat menceritakan kisah perjuangan ayahandanya. Sebagai seorang pejuang kemerdekaan pada era revolusi fisik di Lampung tahun 1945-1949.

Saat peperangan kemerdekaan di Lampung, Noerdin Pandji menyandang pangkat kapten. Dia dipercaya menjadi wakil komandan Resimen Garuda Hitam merangkap komandan Batalion Mobil. Saat itu, Komandan Resimennya adalah Kolonel Gaharu Alamsyah Ratu Prawiranegara dan Makmun Murod sebagai komandan kompi.

"Pemberian nama ini untuk memberikan penghormatan, menyematkan nama pada jalan yang luar biasa. Menghubungkan Jembatan Musi IV dan Jakabaring. Beliau pantas untuk menerimanya. Mari kita ilkhaskan nama jalan ini kepada Noerdin Pandji," katanya dengan raut muka berkaca-kaca saat peresmian Jalan HM Noerdin Pandji.

Dia menambahkan, Jalan HM Noerdin Pandji yang mempunyai dua lajur dengan panjang 5,25 KM. Sebagai salah satu jalan alternatif, dan juga menyongsong Asian Games 2018.

"Pemberian nama ini sebelumnya, saya usulkan kepada Wako Palembang. Kalau berkenan, tapi dia tidak bisa menolak. Karena provinsi juga yang membangun. Kemudian, disetujui diberinama HM Noerdin Pandji," ungkapnya.

Diujung kepemimpinannya yang kurang lebih tiga tahun lagi. Gubernur mengharapkan, para generasi muda dapat lebih menteladani para pejuang yang telah berjuang habis-habisan. Untuk mendukung dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Karena saya akan berakhir November 2018. Generasi penerus marilah menteladani perjuangan para pejuang," pintanya.

Penulis : Ambar Wai
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Noerdin Pandji Jalan

Komentar