29 Jun 2022 14:25

Jelang Idul Adha 1443 H,Harga Cabai di Palembang Capai Rp100 Ribu/Kg

Jelang Idul Adha 1443 H,Harga Cabai di Palembang Capai Rp100 Ribu/Kg

Kaganga.com,Palembang -  Menjelang Idul Adha 1443 Hijriah pada Juli mendatang, sejumlah harga sembako mulai melejit. Bahkan harga cabai merah di beberapa Pasar Palembang mencapai Rp100 per kilogram.

 

"Selain karena mau lebaran, cuaca yang tidak menentu membuat panen cabai sedikit dan banyak stok busuk sehingga harganya naik," ujar pedagang sayur di Pasar Pahlawan, Farida, Rabu (29/6/2022).

 

Menurutnya kenaikan harga cabai juga turut dipengaruhi harga dagang di Pasar Induk Palembang yang relatif tinggi. Sehingga paea penjual tangan kedua ikut menaikkan harga per kilogram.

 

"Di pasar 16 juga banyak stok yang tidak bagus. Harganya disana mulai Rp85 ribu perkilo, jadi kita yang jualan ini mau dapet untung, terpaksa jual sekitar Rp100-110 ribu," ungkap dia.

 

Selain harga cabai yang meroket, berbagai jenis bawang juga ikut naik harga seperti bawang merah yang sempat diangka Rp52 ribu perkilogram, saat ini sudah naik Rp10 ribu menjadi Rp62 ribu perkilogram.

 

"Harga beberapa jenis sayuran juga naik yang biasanya tomat dijual Rp8 ribu hari ini jadi Rp15-20 ribu perkilogram," timpalnya

 

Pedagang cabai lain, Nurhayati menambahkan, dengan harga cabai yang tinggi, penjualan hariannya pun turut mengalami penurunan meski tidak terlalu signifikan.

 

"Turun, tapi sedanglah. Karena sekarang itu lagi susah barangnya karena hujan," tambah dia.

 

Ia mengaku, biasanya harga cabai merah bisa dijual dengan Rp2 ribu untuk beberapa ons sekarang sudah tidak bisa lagi. Sebab harga tersebut tidak mengembalikkan modal.

 

"Karena barang naik, ibu-ibu yang mau beli cuma dua ribu tidak bisa saya kasih lagi, modalnya sudah besar soalnya. Apalagi cuaca tidak menentu, petani jadi gagal panen," tandas dia.

Penulis : Ines Alkourni

Tag : Pemerintah Kota Pale

Komentar