21 Apr 2022 13:30

Kunjungan Wisata Di Palembang Bakal Mengalami Kenaikan

Kunjungan Wisata Di Palembang Bakal Mengalami Kenaikan

Kaganga.com,Palembang - Kunjungan wisatawan di Palembang bakal mengalami kenaikan saat libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Hal ini diprediksi oleh Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia Sumatra Selatan (ASPPI Sumsel)

"Melihat kondisi saat ini diprediksi peningkatan kedatangan wisatawan bisa melonjak hingga 20 persen dari hari biasanya," kata  Kepala Penasehat ASPPI Sumsel, Herlan Aspirudin, Kamis (21/4/2022).

Menurutnya prediksi peningkatan kehadiran wisatawan di Bumi Sriwijaya, turut dipengaruhi adanya kebijakan boleh mudik oleh pemerintah dan ketetapan cuti bersama mulai 29 April hingga 9 Mei 2022.

"Dua tahun mati suri, jadi tahun ini tentu bakal banyak yang mudik dan pariwisata juga sudah diperbolehkan," terangnya

Prediksi peningkatan jumlah wisatawan di Palembang diharapkan dapat berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selama beberapa tahun terakhir merosot akibat pandemik COVID-19.

"Sebelum pandemi sektor pariwisata mampu menyumbang Rp200 miliar per tahun untuk PAD kami berharap di 2022 jumlah pendapatan dapat mencapai Rp150 miliar," tambahnya.

Adapun tempat wisata di Palembang yang diperkirakan ramai kunjungan yakni Sekanak Lambidaro, Punti Kayu, Jakabaring Sport City (JSC), Monpera, Benteng Kuto Besak (BKB), Al-quran Raksasa, dan lain-lain.

"Biasanya kan ketika lebaran silahturahmi, abis silahturahmi itulah biasanya bersama keluarga mengunjungi tempat wisata,” timpal dia.

Sementara kata Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, ia mempersilakan masyarakat untuk berwisata selama libur lebaran tahun ini, asal tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan aturan PPKM Level 3.

"Silahkan saja berwisata, namun tetap mentaati aturan," tegasnya.

Selain itu, Harnojoyo juga akan mengintruksikan kepada dinas terkait untuk mempersiapkan keamanan prokes di tempat-tempat wisata saat libur lebaran, mulai dari kebersihan, lingkungan yang steril serta kenyamanan.

Penulis : Ines Alkourni

Tag : Pemerintah Kota Pale Wisatawan Asing

Komentar