18 Okt 2022 20:15

Pangdam II/Sriwijaya Yakin TMMD ke - 115 di Desa Cahya Bumi Sukses dan Berhasil

Pangdam II/Sriwijaya Yakin TMMD ke - 115 di Desa Cahya Bumi Sukses dan Berhasil

Kaganga.com OKI -- Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P.,M.B.A.,M.Han tinjau lansung pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 yang berpusat di Desa Cahya Bumi Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Selasa (18/10).

Kunjungan Pangdam II/Sriwijaya di bumi Bende Seguguk disambut lansung oleh Wakil Bupati OKI, H M Djak'far Shodiq, Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Hendra Saputra, S. Sos., M.M.,M.I.Pol, Kapolres OKI, AKBP Dili Yanto, Kasdim 0402/OKI, Saipul Anwar dan Kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten OKI.

Saat diwawancarai awak media Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P.,M.B.A.,M.Han, mengatakan, hasil dari lapangan tadi, bahwa perkembangan pembangunan sudah meyakinkan kalau pada penutup TMMD nanti bisa sukses dan berhasil, juga akan bisa selesai tepat waktu.

Menurutnya, keberhasilan ini tak luput dari senegritas pemerintah daerah, TNI, Polri dan juga didukung oleh instansi yang ada di sini, juga masyarakat Desa Cahya Bumi.

"Dengan bersinergi semua kesulitan dan kendala bisa dengan mudah diatasi, meskipun cuaca saat ini tidak menentu. Saya juga telah diyakinkan dari beberapa tempat, bahwa kegiatan ini sudah dijadwalkan dengan mempertimbangkan masalah cuaca," ungkapnya, Selasa (18/10). 

Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Hendra Saputra, S. Sos., M.M.,M.I.Pol, menambahkan, salah satu yang menjadi sorotan dari kunjungan Pangdam II/Sriwijaya ke lokasi TMMD di Desa Cahya Bumi adalah pembangunan MCK, yang di sebut dengan Basemah 44.

"Kenapa Basemah 44 ini kita tonjolkan, karena memang dari proses pembuatan MCK kemudian sumur bornya sampai nanti pengolahan nanti dilakukan oleh manusia. Dimana kita tahu bahwa ini kotoran dan akan diolah menjadi yang bermanfaat (Kompos) dan cair yang keluar atau limbahnya tidak akan merusak lingkungan," jelasnya.

Lanjut Hendra, untuk pembangunan MCK sendiri di Kabupaten OKI ada dua titik, satu di Kecamatan Pedamaran dan satu lagi di lokasi TMMD, yaitu di Desa Cahya Bumi.

"Alhamdulillah pelaksanaan pembangunan dari kegiatan TMMD sendiri saat ini sudah kira-kira 54%, sementara waktu kegiatan masih kurang lebih tiga Minggu lagi. Jadi saya optimis kegiatan ini bisa sukses dan selesai tepat waktu," tandasnya.

Sementara Wabup OKI, H M Djak'far Shodiq mengatakan, program TMMD ini memang terkendala cuaca, tapi meski demikian semuanya sudah diyakini bahwa program ini akan selesai dengan terjadwal.

"Pangdam sendiri sudah mengecek kelokasi, sehingga beliau bisa yakinkan bahwa program-program itu terselesaikan dengan baik. Saya berharap, dengan program TMMD ini hubungan TNI dan masyarakat khususnya di Kabupaten OKI ini bisa kerjasama membangun daerahnya," ungkapnya.

Terpisah Kepada Desa Cahya Bumi, Komarudin, S.E., M.M, menjelaskan, bahwa dengan adanya TMMD masyarakat sekitar sangat bahagia dan senang. Selain itu program TMMD membangkitkan kembali semangat gotong-royong masyarakat yang nyaris punah.

"Saya melihat antusias dari masyarakat dengan ada TMMD ini, saya yakin pembangunan yang telah diprogramkan bisa selesai secara maksimal dan sesuai target," ujarnya.

Menurutnya, untuk progresnya dari beberapa sasaran saat ini sudah sekitar hampir 60%, meskipun terkedala cuaca. Kalau untuk item nya sendiri yaitu, ada 5 box culvert, pengerasan jalan sepajang 7km, lapangan bola, lapangan voli, MCK, sumur bor dan masjid. 

"Alhamdulillah semuanya sudah berjalan sesuai dengan titik sasaran masing-masing. Sementara untuk program bedah rumah, pembangunan sudah 90%, tinggal perapian saja. Selain pembangunan fisik, dalam TMMD ini juga ada berbagai pelatihan-pelatihan dan penyuluhan, seperti tadi Ibu-ibu Persit memberikan pelatihan bagai mana cara mengolah limbah rumah tangga menjadi karya yang memiliki nilai jual," tutupnya.

Penulis : Wahid Aryanto
Editor : Elly

Tag : OKI Pangdam II/Sriwijaya desa Cahya Bumi OKI

Komentar