19 Mei 2022 16:05

Pemkot Palembang Bakal Siapkan Tim Terpadu Perketat Pengawasan Peredaran Bahan Pangan Mengandung Zat

Pemkot Palembang Bakal Siapkan Tim Terpadu Perketat Pengawasan Peredaran Bahan Pangan Mengandung Zat

Kaganga.com,Palembang - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan tim terpadu untuk memperketat pengawasan atas peredaran bahan pangan mengandung zat berbahaya di pasaran.

 

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Kamis mengatakan tim tersebut beranggotakan petugas dari Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Dinas Perindustrian dan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

“Mereka yang diperintahkan secara khusus untuk bisa bergerak bersama dalam menjalankan tugas tersebut langsung di lapangan,” katanya usai rapat advokasi lintas sektor membahas tiga program pengawasan pangan nasional di Palembang.

 

Menurutnya, tim tersebut diwajibkan untuk membuat laporan temuan mereka setelah menyusuri pasar tradisional atau pasar modern setiap pekannya.

 

Selanjutnya, hasil laporan yang mereka himpun itu harus dipaparkan dalam rapat bulanan yang menjadi bahan evaluasi dalam menentukan langkah selanjutnya.

 

“Paling tidak, minimal sebulan sekali ada pemaparan hasil kerja mereka untuk evaluasi,” ujarnya.

 

Ia mengatakan kebijakan tersebut merupakan komitmen pemerintah Kota Palembang dalam mengoptimalkan tiga program nasional. Ketiga program tersebut meliputi gerakan menciptakan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya (PABB), Desa Pangan Aman (DPA) dan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS).

 

“Sudah dimulai, salah satunya BPOM yang menyiapkan fasilitas laboratorium pemeriksaan makanan 'Pojok Pasar', fasilitas ini pemanfaatannya perlu didorong, itu juga tugas mereka sebagai tim yang disiapkan,” kata dia.

 

Fasilitas Pojok Pasar disiapkan di Pasar Lemabang, Pasar KM5, Pasar Bukit Kecil, Pasar Sekip Ujung, dan Pasar 9-10 Ulu. 

Penulis : Ines Alkourni

Tag : Pemerintah Kota Pale

Komentar