19 Jan 2023 10:35

Penanganan Banjir Butuh Dukungan Masyarakat

Penanganan Banjir Butuh Dukungan Masyarakat

Kaganga.com,Palembang - Banjir adalah persoalan yang kerap muncul, terutama di musim hujan. Tak terkecuali di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. 

 

Pemerintah kota ini pun terus berupaya menangani titik-titik genangan air maupun banjir. 

 

Hanya saja, upaya itu butuh dukungan serta keterlibatan masyarakat. Tanpa itu, upaya pemerintah kota mengatasi banjir jadi kurang maksimal. 

 

Hal ini mengemuka dalam sosialisasi peningkatan peran masyarakat dalam pengendalian masalah banjir/genangan Kota Palembang, bersama stakeholder dan masyarakat Kecamatan Sukarami serta Komunitas Masyarakat Peduli Sungai, Peduli Banjir dan Lingkungan Kota Palembang, di Ruang Parameswara, Rabu (18/1/2023).

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ir. Ahmad Bastari, mengatakan, sosialisasi ruang air di kota Palembang mengajak seluruh RT/RW, komunitas untuk paham bagaimana mengatasi banjir.

 

Menurutnya, masalah banjir tidak hanya tugas pemerintah namun juga tanggung jawab bagi masyarakat Kota Palembang.

 

“Makanya hari ini kita sosialisasi, mengajak masyarakat paham akan banjir yang terjadi. Karena banjir disebabkan oleh dua hal, yakni alam dan juga manusia.

 

Melalui forum inilah kita sama-sama mencari solusi, tidak hanya menyalahkan pemerintah ketika banjir,” ujar Bastari. 

 

Dia mencontohkan, banjir yang disebabkan alam bisa terjadi karena cuaca hujan yang tidak dapat diprediksi, sehingga debit air tidak dapat dikendalikan dengan cepat.Sedangkan banjir yang disebabkan manusia ini juga banyak.  

Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah Kota Pale

Komentar