25 Ags 2015 17:10

Penjabat Bupati Harus Netral

Penjabat Bupati Harus Netral

 

Kaganga.com, Palembang - Penjabat bupati yang baru dilantik harus netral dalam pergelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak. Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin saat diwawancarai seusai melantik 4 penjabat bupati kabupaten di Griya Agung, Selasa (25/08/2015).

Alex mengatakan, dalam penyelenggaraan Pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang ke-4 Penjabat Bupati harus netral. "Ya, para penjabat bupati tidak boleh berpihak dengan salah satu calon kepala daerah yang maju dalan pilkada serentak nanti," katanya.

Jika nanti ada penjabat bupati yang berpihak dengan salah satu calon kepala daerah pada penyelenggaraan pilkada serentak maka akan ditindak sesuai dengan aturan. "Beritahu saya kalau ada penjabat bupati yang berpihak karena akan saya tindak dengan aturan yang ada," ujar Alex.

Alex mengungkapkan, menjadi penjabat bupati tidak mudah, pasalnya tugas dan kewajiban yang dilakukan penjabat bupati sama dengan tugas dan kewajiban bupati definitiv. "Ketidakpuasan pasti ada dan saya yakin pasti ada benih-benih perpecahan atau gejolak-gejolak dari bawah. Jadi kalau anda netral dan menjalankan tugas serta kewajiban dengan sebaik-baiknya maka masyarakat akan menerima dan menuruti apa yang kita lakukan," ungkapnya.

Adapun tugas para penjabat bupati tersebut yaitu menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak, meneruskan atau melanjutkan pembangunan dan juga menjaga kerukunan umat beragama di kabupaten masing serta. "Hal inilah yang menjadi tolak ukur keberhasilan para penjabat bupati dalam menjalankan tugas dan kewajibannya," jelas Alex.

Alex menambahkan, para penjabat bupati yang baru dilantik ini diminta untuk tidak meninggalkan tempat, jangan sering-sering ke palembang, jakarta dan keluar negeri. "Jadi para penjabat bupati ini harus memanfaatkan waktu 7 bulan yang ada, seperti melakukan road show ke seluruh desa, kecamatan untuk menyerap aspirasi rakyat," katanya

Untuk diketahui, keempat penjabat bupati yang dilantik tersebut yaitu H Yulizar Dinoto SH sebagai Penjabat Bupati Ogan Ilir (OI), Maulan Aklil sebagai Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Robby Kurniawan sebagai Penjabat Bupati OKU Selatan dan Richard Cahyadi sebagai Penjabat Bupati OKU Timur.

Penulis : Gaara Nasution
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Plt Bupati Lantik Penjabat Bupati

Komentar