13 Des 2022 16:15

Peringati Hari Ibu, Mawardi Yahya : Wanita Sangat Berperan Dalam Memajuan Daerah

Peringati Hari Ibu, Mawardi Yahya : Wanita Sangat Berperan Dalam Memajuan Daerah

Kaganga.com,PALEMBANG - Peran wanita sangat penting dalam menentukan sukses atau tidaknya  karier seorang Suami. Sebab dibalik suksesnya seorang suami tidak terlepas dari sosok istri yang hebat   dalam keluarga.

 

"Artinya peran istri  atau  ibu itu sangat luar biasa dan sangat penting, dalam karier suami dan memajukan daerah," Wakil Gubernur Mawardi Yahya usai  menghadiri Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa (13/12) siang.

 

Dikatakan Wagub,  komitmen pemerintah terhadap peran perempuan sudah luar biasa sejak tahun 1928 yang menjadi tonggak awal bangkitnya gerakan perempuan Indonesia. Untuk  dia mengucapkan selamat kepada para ibu-ibu Sumsel yang hebat dalam mendukung pekerjaan suami serta mendukung pembangunan  daerah. 

"Selamat Hari Ibu, sukses dan hebat para ibu," ucapnya singkat.

 

Sementara itu dalam laporannya,  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DPPPA) Prov Sumsel, Henny Yulianti menyebut  Hari Ibu tak bisa dilepaskan dengan peristiwa Kongres Perempuan ke I tanggal 22 Desember 1928.  

Menurutnya peristiwa tersebut merupakan awal bangkitnya gerakan perempuan Indonesia sebelum Kemerdekaan RI. Atas prakarsa para perempuan pejuang pergerakan kemerdekaan, pada tanggal 22-25 Desember 1928 diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia pertama di Yogyakarta.

 

Kemudian Pada 1938 Kongres Perempuan Indonesia III menyatakan bahwa tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu. Hari Ibu dikukuhkan oleh pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959. Presiden Soekarno meresmikan peringatan Hari Ibu melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959.

"Hari Ibu diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai ibu, istri, warga negara, abdi Tuhan Yang Maha Esa, dan pejuang kemerdekaan," jelasnya.

Dalam kesempatan Wagub didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumsel, Hj Fauziah memberikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan Perempuan Pemimpin Inspiratif, Perangkat Daerah Responsif Gender dan Perusahaan Pembina Terbaik Tenagakerja Perempuan.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah Provinsi

Komentar