27 Jan 2023 15:15

Terinspirasi Wabah Virus Corona, Samsudin Sulap Batok Kelapa Jadi Kerajinan yang Bernilai Tinggi

Terinspirasi Wabah Virus Corona, Samsudin Sulap Batok Kelapa Jadi Kerajinan yang Bernilai Tinggi

Kaganga.com OKI - Limbah batok kelapa sering dipandang sebelah mata. Bahkan sering dibuang, akan tetapi ditangan orang kreatif limbah tersebut bisa disulap menjadi barang yang bernilai tinggi dan bisa dijual dengan harga tinggi. 

Aneka ragam bentuk yang bisa dihasilkan dari tangan seorang kreatif yang berasal dari limbah batok kelapa ini, mulai dari asbak rokok, patung hewan, replika perahu kajang, bentuk virus corona sampai kotak pensil untuk perkantoran.

Samsudin (52) yang berprofesi sebagai petani kelapa sawit ini menuturkan, membuat kerajinan ini terinspirasi saat ada pandemi Covid 19, ditekuni sudah sejak 2019 lalu.

"Gara gara Corona saya terinspirasi membuat kerajinan dari batok kelapa ini, pasalnya bahan utama pembuat kerajinan berlimpah dan tidak terpakai di daerah kami," jelasnya.

Sambungnya, untuk proses pembuatan kerajinan kami masih terkendala alat, sebab masih menggunakan alat manual gerindra sederhana, kedepan harapannya ada bantuan peralatan khusus lagi dan lebih canggih.

"Kami hanya berharap menerima bantuan alat, jangan berbentuk uang, sehingga kedepan usaha kerajinan kami dapat berkembang dan bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja," katanya.

Lanjutnya, untuk pemasaran baru sebatas di daerah Kecamatan Mesuji Raya dan sekitarnya, sedangkan alamat workshop kerajinan berlokasi di Desa SP 2 Kemang Kecamatan Mesuji Raya.

"Untuk pemesanan bisa menghubungi Hp 085832812100 atas nama Samsudin Ember. Kalau soal harga mulai dari Rp.50.000-100.000, tergantung tingkat kesilatan dan pesanan," pungkasnya.

Penulis : Wahid Aryanto
Editor : Elly

Tag : OKI Batok Kelapa

Komentar