6 Jan 2016 18:50

Selama 4 Bulan Dana Bantuan Program Sekolah Gratis Tak Tersalurkan

Selama 4 Bulan Dana Bantuan Program Sekolah Gratis Tak Tersalurkan


Kaganga.com, Palembang - Program sekolah gratis yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) kini menuai pertanyaan dari beberapa sekolah di Sumsel. Pasalnya sejak 4 bulan terakhir dana bantuan untuk sekolah gratis belum diterima pihak sekolahan.

"Sejak 4 bulan terakhir dana bantuan sekolah gratis ini belum masuk ke sekolahan," kata salah satu pengelola sekolah yang enggan disebutkan namanya.

Selama ini dirinya mengaku pemberian dana bantuan tersebut selalu diterima oleh pihaknya. Namun sejak 4 bulan terakhir dana tersebut belum masuk sehingga pihaknya mempertanyakan apakah program sekolah gratis tetap dilanjutkan atau sudah dihentikan.

"Kami bukannya menuntut tapi kami hanya mempertanyakan apakah program sekolah gratis terus dilanjutkan," tanyanya.

Dirinya berharap program sekolah gratis ini terus dilanjutkan karena sangat membantu masyarakat yang kekurangan biaya dalam menempuh jenjang pendidikan.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan program sekolah gratis yang dicanangkan oleh pemprov Sumsel selalu dilanjutkan sampai dengan saat ini.

"Ya, sampai saat ini program sekolah gratis terus dilanjutkan, dan akan tetap dilanjutkan kedepannya," terangnya.

Untuk dana bantuan sekolah gratis ini sendiri, lanjut Mukti, semua sekolah telah dibayarkan, dan tidak satupun yang tidak dibayarkan. "Semua sudah dibayarkan, jadi jika sekolah mempertanyakan dana bantuan tersebut di cek lagi dahulu, saya rasa itu tidak betul," katanya.

Dirinya mengaku, yang saat ini dana bantuan yang masih menunggak adalah dana bantuan berobat gratis. "Hanya dana bantuan berobat gratis untuk beberapa kabupaten yang menunggak termasuk kota," terangnya.

Untuk pembayaran dana bantuan sekolah gratis ini sendiri melalui mekanisme yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel.

"Mekanismenya melalui diknas, dan dana yang digunakan merupakan dana sharing," tandasnya.

Untuk diketahui, sejak awal tahun 2015 penyaluran dana bantuan sekolah gratis langsung disalurkan ke seluruh sekolah di Sumsel, namun untuk besaran dana atau anggaran bantuan tersebut berbeda-beda di setiap sekolahnya.

Penulis : Fadhila Rahma
Editor : Riki Okta Putra

Tag : sekolah sekolah gratis

Komentar