26 Nov 2015 16:35

Wartawan Harus Memiliki Etika dan Tata Krama Yang Baik Saat Melaksanakan Peliputan

Wartawan Harus Memiliki Etika dan Tata Krama Yang Baik Saat Melaksanakan Peliputan

 

Kaganga.com, Palembang - Pada Pelaksanaan Pendidikan Dasar Jurnalistik DIKLATSARJUR LPM Ukhuwah Universitas Islam Negeri (UIN)  Raden Fatah Palembang pada hari keempat, Kamis (26/11/2015), peserta mulai diberi pelatihan melakukan peliputan secara langsung di lapangan dan menuliskan hasil peliputannya  menjadi sebuah berita

Puluhan Peserta Diklat melakukan peliputan di sekitar Kampus UIN Raden Fatah Palembang dengan menyoroti lingkungan kampus UIN mulai dari fakultas dan juga fasilitas-fasilitas yang ada di kampus UIN Raden Fatah.

Diungkapkan Renal Fikri seksi acara DIKLATSARJUR 17 LPM Ukhuwah, peliputan langsung ini diharapkan nantinya agar para peserta sudah terbiasa menerapkan ilmu-ilmu yang di dapat selama pelatihan.

"Sengaja peserta kita intruksikan liputan dilapangan agar bisa menerapkan ilmu dari pemateri-pemateri dan ini bagian  praktek langsung  bukan hanya mengajarkan teori," ungkapnya kepada kaganga.com

"Selain itu peserta bisa merasakan atmosfir secara langsung dilapangan menjadi seorang wartawan. harapanya mereka nanti selesai pelatihan bisa membuat berita sendiri dan menerbitkanya pada media Buletin Tinta yang setiap minggu terbit," harap Renal Fikri

Juli Anggraini Mahasiswa Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi  juga peserta DIKLATSARJUR menceritakan perasaanya  ketika liputan menjadi seorang  wartawan,untuk mendapatkan informasi yang akurat dari narasumber harus memiliki tata krama dan etika yang baik.

"Saya senang bisa melakukan praktek secara langsung karena biasa merasakan begamaimana menjadi seorang wartawan sesunggugnya. Untuk mendapat informasi yang akurat dan bias bertemu dengan narasumber harus memiliki etika dan tata krama saat dilapangan" cerita Juli Anggraini.

Muhammad Rajab  mengatakan "Praktek liputan hari ini sangat seru dan menantang karena ini pengalaman pertama saya bagaimana menjadi seorang jurnalis. Harapanya setelah ikut pelatihan ini kepercayaan diri meningkat dan kemampuan menulis  saya bisa lebih baik dan terima kepada kasih LPM Ukhuwah" Kata Muhammad Rajab peserta DIKLATSARJUR LPM Ukhuwah ditemui saat liputan dilapangan. (Syaikodir)

Penulis : LPM II
Editor : Riki Okta Putra

Tag : UIN Diklatsarjur

Komentar