7 Sep 2015 18:35

2 Tahun Lagi, OKU Selatan Bangun Waduk

2 Tahun Lagi, OKU Selatan Bangun Waduk

 

Kaganga.com. Palembang - Kepala Balai Besar Wilayah Sungai VIII, Bistok Simanjuntak mengatakan pada tahun 2017 mendatang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel berencana membangun bendungan (waduk) diatas lahan 529 hektar di Desa Sukabumi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

"Luas waduk ini totalnya 529 hektar, terdiri dari lahan masyarakat dan kawasan hutan lindung,  di ketinggian 400 meter diatas permukaan laut," ungkap Bistok yang diwawancarai usai melakukan rapat persiapan pengadaan tanah untuk Pembangunan Bendungan Tiga Dhaji di Kabupaten Oku Selatan dan Jaringan Irigasi D1 di OKI dan OKU Timur, Senin (7/9/2015) di Kantor Gubernur Sumsel.

Lanjut nya, nanti pemprov akan membebaskan lahan masyarakat, sedangkan untuk lahan hutan lindung akan diurus oleh pemerintah pusat. "Lahan masyarakat yang dibebaskan seluas 410 hektar. Itu lahan yang tidak berpenghuni, diatasnya cuma ada tanaman penduduk," tuturnya.

Waduk ini, sambungnya, bisa menampung air hingga 110 juta m3. "Selain itu, bisa juga untuk mengaliri air di sawah seluas 15 ribu hektar di Kabupaten OKI desa Lempuing dan Tugumulyo, juga lahan sawah seluas 6 ribu hektar di kabupaten OKU Timur," jelasnya.

Lanjut Bistok menambahkan, waduk ini juga bisa menjadi pembangkit listrik dengan daya 40-60 Mega Watt. "Dampak banjir juga bisa berkurang hingga 20 persen," imbuhnya.

Rencananya waduk ini akan dibangun dalam 5 tahun anggaran, mulai pada tahun 2017-2021. "Tahun 2016 akan dimulai untuk mengurus semua amdal, desain dan permasalahan lahan. Saat ini alokasi dana yang dibutuhkan juga masih dihitung," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setda Sumsel, Edward Chandra mengatakan, saat ini sudah dilakukan rapat lanjutan membahas pembangunan jaringan irigasi di Oku Timur dan Oki.

"Untuk pembebasan lahan, berdasarkan UU No 2 Tahun 2012 dinyatakan bahwa Pemprov yang akan melakukan pengadaan tanah untuk pembangunan waduk ini," katanya.

Lanjut ia menambahkan, setelah rapat ini akan dilaporkan semua kepada panitia pelaksana tentang apa saja yang sudah dilakukan. "Rencananya waduk akan mulai dibangun pada tahun 2017 mendatang," ujarnya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Waduk OKU Selatan

Komentar