21 Apr 2015 09:45

94 Petugas PKH Di Arahkan Kroscek Validasi Data KSM

94 Petugas PKH Di Arahkan Kroscek Validasi Data KSM

Kaganga.com, PALEMBANG - 90 orang pendamping dan 4 orang operator PKH (Program Keluarga Harapan) Kota Palembang pagi tadi diberikan pengarahan oleh Dinas Sosial provinsi sumsel. Pengarahan diberikan dalam rangka untuk meningkatkan kinerja dari para pendamping dan operator PKH agar tetap optimal dalam menjalankan tugas sebagai pendamping KSM (Keluarga Sangat Miskin) pada program keluarga harapan. Demikian diungkapkan Kabid Banjamsos Dinsos Sumsel Sumarwan yang diwawancarai usai memberikan pengarahan kepada pendamping PKH kota Palembang.
 
Sumarwan menjelaskan tugas dari pendamping PKH sendiri berkaitan dengan verifikasi dan validasi data KSM yang ada di daerah masing-masing sebagai penerima bantuan dana dari program keluarga harapan.
 
"Para pendamping berkewajiban melakukan kroscek terhadap data KSM yang diberikan oleh petugas dilapangan sebagai pencatat data-data penerima bantuan yang masuk dalam kategori keluarga sangat miskin," ujarnya.
 
Ia menambahkan di kota Palembang ada 19.508 ksm yang tercatat sebagai penerima bantuan PKH dan pada bulan April ini akan dimulai penyaluran bantuan PKH untuk tahap pertama.
 
Dikatakannya, beberapa harapan dari para pendamping PKH meminta agar para pendamping bisa diberikan perlindungan dalam bentuk asuransi kesehatan dan asuransi yang berkaitan dengan kecelakaan serta pemenuhan kebutuhan teknologi IT yang baik.
 
Sementara itu diungkapkan oleh Operator PKH Kota Palembang Daryono menjelaskan bahwa saat ini penyaluran bantuan PKH masih dijadwalkan oleh pihaknya dengan berkoordinasi bersama PT. Pos agar penyaluran benar dapat dirasakan manfaatnya bagi para penerima bantuan.
 
"Penyaluran bantuan PKH di Kota Palembang akan dilakukan dalam 4 tahapan. Untuk tahap 1 tahun 2015 jumlah dana PKH yang akan di salurkan di kota Palembang sebesar Rp6.363.603.750 miliar yang sudah mulai disalurkan minggu yang lalu sampai akhir bulan April," katanya.
 
Ia menambahkan jika dikalkulasikan total dana pkh yang akan disalurkan di kota Palembang hingga tahap ke-4 pada akhir tahun 2015 nanti lebih dari Rp25miliar yang akan disalurkan kepada ksm melalui 10 kantor cabang PT.Pos di kota Palembang.
 

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : PKH dinsos

Komentar