28 Ags 2015 14:00

Akibat Kabut Asap, Penderita ISPA di Palembang Meningkat 10 Persen

Akibat Kabut Asap, Penderita ISPA di Palembang Meningkat 10 Persen

 

Kaganga.com, Palembang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang menghimbau kepada warga yang memiliki anak balita dan anak usia dini untuk tidak membawa anak-anaknya beraktivitas ke luar rumah selama cuaca Palembang masih diselimuti kabut asap beberapa pecan terakhir ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Palembang, Afrimelda mengatakan, dampak dari kabut asap kebakaran lahan tersebut bisa mengakibatkan seseorang terkena gangguan pernafasan atau ISPA. Dirinya menyarankan, kepada orang tua yang memiliki anak usia dini dan balita jangan sampai ke luar rumah jika benar-benar ada hal yang memang penting untuk dilaksanakan.

"Kalau memang ingin keluar gunakanlah pelindung seperti masker agar bisa mengantisipasi datangnya ISPA ke tubuh kita," ujarnya.

Kabut asap yang bertambah parah dikhawatirkan akan membuat kasus ISPA kian meningkat.

"Kita telah menerima laporan dari seluruh Puskesmas di Kota Palembang. Hasilnya terjadi peningkatan 10 persen kasus penderita ISPA," jelasnya.

Sejauh ini, sambungnya ISPA belum memberikan dampak yang segnifikan bagi orang dewasa, tercatat Juni ke Juli 2015 kasus ISPA kita turun.

" Namun Juli ke Agustustus ada peningkatan," ujarnya.

Tidak hanya ISPA,kabut asap juga berdampak buruk bagi kulit dan  mata.

Penulis : Abdullah Chonte
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Kabut Asap masker ISPA

Komentar