9 Okt 2015 18:50

Asap Tebal, Pesawat Jemaah Haji Urung Mendarat di SMB II Palembang

Asap Tebal, Pesawat Jemaah Haji Urung Mendarat di SMB II Palembang

Terganggu Asap, Kloter 5 Divert Ke Halim

Kaganga.com, Palembang -  Asap tebal yang menyelimuti udara Kota Palembang, kali ini menambah lagi catatan keresahan warga Sumsel. Kali ini, yang terkena dampaknya ialah kedatangan jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 asal Palembang Debarkasi Sumsel. Pesawat yang mengangkut jemaah haji kloter 5 Palembang Debarkasi Sumsel ini tidak bisa mendarat di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin II Palembang.

Humas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel, Saefuddin mengakui jika saat ini penerbangan pesawat Saudi Arabian yang mengangkut sebanyak 442 jamaah terpaksa dialihkan pendaratannya (landing) ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Saat ini, masih dalam perjalanan menuju kesana (Jakarta)," ujar Saefuddin saat dikonfirmasi, Jumat (09/10/2015).

Hingga berita ini diturunkan, Saefuddin mengaku masih menunggu konfirmasi lanjutan terkait pengalihan penerbangan (divert) tersebut. Menurut Saefuddin, kloter 5 tersebut bertolak dari Bandara King Abdul Aziz, Jedah dan dijadwalkan tiba di Palembang pukul 16.44 WIB, Jumat (09/10/2015).

"Kondisi asap tebal membuat pendaratan sedikit terganggu. Karena tidak ingin mengambil resiko, terpaksa penerbangan dialihkan kesana," imbuh dia.

Saefuddin pun tidak bisa memastikan, kapan jamaah kloter 5 tersebut bisa kembali diberangkatkan ke Palembang, mengingat kondisi asap yang mengepung Palembang kian pekat. "Secepatnya akan kita koordinasikan dengan Jakarta. Tentu, kita berharap, asap ini akan sedikit menipis, agar jamaah bisa segera bertemu dengan pihak keluarga," katanya.

Sementara, di Asrama Haji Palembang pun, terlihat puluhan kendaraan penjemput jamaah telah memadati gerbang Asrama. Ratusan anggota keluarga berharap agar, segera bertemu dengan jamaah setelah menunaikan rukun Islam ke-lima. "Sedikit kecewa. Tapi kita juga cemas. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa," pungkas Dewi, (56) salah seorang anggota keluarga jamaah kloter 5.

Penulis : Roy JM
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Haji Kloter 5 Divert asap

Komentar