3 Sep 2015 20:10

Belum Dapat Visa, Satu JCH Sumsel Tertunda Keberangkatannya.

Belum Dapat Visa, Satu JCH  Sumsel Tertunda Keberangkatannya.

 

Kaganga.com, Palembang - Kepala Bagian Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwilmenag) Sumsel, Saifudin Latief mengatakan, berdasarkan penjelasan dari Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), Abdul Djamil, ada satu JCH asal Sumsel yangtertunda keberangkatannya.

"Untuk Sumsel itu ada penggantian jemaah yang tertunda keberangkatannya. Satu JCH ini, dimasukan dari daftar cadangan belum mendapatkan visa. Karena dia susulan, bukan dari yang permanen," tegasnya saat Kamis (3/9/2015).

Keterlambatan dalam pembuatan visa haji, masalahnya terletak dalam sistem E-Haji. Dari sistem tersebut, seluruh laporan yang digunakan harus menyertakan data-data, baik itu foto maupun dokumen harus terang dan jelas. Menurutnya, apabila berkas yang dilaporkan ada yang tidak terang atau jelas. Maka, sistem E-Haji tidak akan membacanya.

"Kami mengirimkan data-data JCH ke keduataan di Arab Saudi. Lalu, kedutaan mensortir data tersebut, dan Finnishing juga di kedutaan. Perlu waktu juga untuk pembuatan visa, dari 150 ribu jemaah yang berangkat haji," paparnya.

Dia menambahkan, pihaknya telah mengirimkan data satu orang JCH dari daftar cadangan yang belum menerima visa tersebut ke pihak kedutaan. Setelah itu, pihaknya menunggu datangnya visa tersebut.

"Bisa sehari sampai dua hari, tergangtung ada kendala atau tidaknya," ulasnya.

Adapun fungsi dari visa, Saifudin menerangkan, visa digunakan untuk mengetahui dimana lokasi pemondokan, tranportasi yang akan dan digunakan, serta dari posisi JCH dapat diketaui dengan menggunakan visa.

 

Penulis : Ambar Wai
Editor : Riki Okta Putra

Tag : JCH Sumsel Haji Visa

Komentar