5 Sep 2015 20:00

Dipasaran, Harga Beras Naik Rp10 Ribu, Kubis naik Rp 5 Ribu.

Dipasaran, Harga Beras Naik Rp10 Ribu, Kubis naik Rp 5 Ribu.

 

Kaganga.com, Palembang - Melesunya perekonomian Indonesia dan masuknya musim kemarau secara tak langsung berpengaruh terhadap pendapatan pedagang Sembako di Kota Palembang. Harga bahan pokok seperti beras, gula, sayuran, daging, minyak goreng, susu, telur, didapati naik dan berefek domino kepada daya beli masyarakat. 

Seperti dituturkan Andi, pedagang sembako di pasar Pasar 16 Ilir. Menurutnya dampak naiknya harga sembako menyebabkan sepi pembeli dan menyebabkan penurunan pendapatan dari sebelumnya.

"Semua harga kebutuhan pokok naik, sehingga day beli masyarakat berkurang, " ungkapnya, Sabtu (05/09/2015).

Terpantau di pasar 16 ilir, pasar cinde dan pasar km 5 yang mengalami kenaikan paling signifikan adalah beras. yang semula /karung merek selancar berkisar Rp. 190.000 sekarang berkisar Rp.200.000.

Selain beras juga sayur-sayuran ikut mengalami kenaikan, diantarnya kentang dan kubis.

"Kentang sebelum naik Rp. 5.000 sekarang Rp. 6.500, Kubis semula Rp. 2.500 sekarang Rp. 7.500 jelas murni pedagang sayur pasar 16 ilir.

Sayuran-sayuran naik karena stok persediaan yang sulit diperoleh karena juga di sebabkan musim kemarau yang panjang. Harapan pedagang dan pembeli pemerintah mampu menyetabilkan harga-harga sembako dan mengembalikan harga seperti semula .

"Pengenya kita seperti dulu harga sembako murah," jelas Eva warga Kemuning. (Syaikodir)

 

Penulis : LPM II
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Sembako pasar16 sayur

Komentar