7 Sep 2015 18:10

Kloter 1 JCH Sumsel Sudah Berada di Mekkah

Kloter 1 JCH Sumsel Sudah Berada di Mekkah

 

Kaganga.com, Palembang - Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Palembang yang tergabung dalam gelombang satu, saat ini dipastikan mulai melakukan perjalanan dari Madinah menuju Mekah. Bahkan, untuk JCH yang berada dalam Kelompok Terbang (Kloter) 1 sudah berada di Mekah setelah sebelumnya menjalani ibadah di Madinah. Sedangkan Kloter 2 masih dalam perjalanan menuju tanah suci yang ditempuh dengan perjalanan darat.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel, Hambali, menegaskan jika saat ini Kloter 2 sejak Subuh, (kemarin) telah menunaikan Arbain dan meninggalkan Madinah pada pukul 08.30 Waktu Arab Saudi atau pukul 12.30 WIB. "Alhamdulillah, JCH Embarkasi Palembang dalam kondisi sehat meski harus menempuh perjalanan menggunakan bis selama 8 jam," jelas Hambali saat dihubungi, semalam.

Selama diperjalanan, katanya, jemaah dapat memanfaatkan waktu untuk membaca Alquran. "Supaya tidak lapar, jamaah dapat membawa kue-kue untuk dimakan," imbuhnya. Ia tetap mengimbau kepada seluruh jamaah tetap memperhatikan kesehatannya mengingat cuaca di kedua kota tersebut fluktuatif. "Jangan putus minum. Konsumsi air yang mengandung obat dan vitamin," katanya.

Sedangkan untuk Kloter 11 kemarin, sebanyak 450 JCH bertolak meninggalkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menuju Jeddah, Senin (7/9) pagi, pukul 08.40 WIB. Dengan demikian, Embarkasi Palembang hingga hari ini telah memberangkatkan 4.419 jamaah, termasuk 55 petugas kloter.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Palembang, Saefudin menegaskan, total jamaah Kloter 11 dalam daftar manifest haji Embarkasi Palembang sejatinya berjumlah 449 JCH. Namun ada satu jamaah yang ikut bergabung, yakni Daeng Mawaji dari Kloter 6 asal Pangkal Pinang.

“Daeng sempat tertunda berangkat karena sakit. Alhamdulillah bisa berangkat bersama Kloter 11. Untuk jamaah yang masuk kategori resiko tinggi (Risti) berjumlah 345 orang, dengan rincian Risti Usia 116 dan Risti Sakit 229 jamaah," pungkasnya.

Penulis : Roy JM
Editor : Riki Okta Putra

Tag : JCH Sumsel Haji Mekkah

Komentar