11 Feb 2016 17:30

Mahasiswa KKN UIN RF Ajak Karang Taruna Belajar Mengaji

Mahasiswa KKN UIN RF Ajak Karang Taruna Belajar Mengaji

Kaganga.com, Lahat - Mahasiswa KKN Universitas Negeri Islam (UIN) Raden Fatah Palembang, ajak karang taruna belajar mengaji. Kegiatan berbasis mesjid yang dilakukan di desa Durian Dangkal, Kecamatan Mulak Ulu, Lahat ini bertujuan untuk memberdayakan warga desa agar meningkatkan kegiatan di Mesjid Al Hidayah.

Salah satu mahasiswa KKN jurusan management pendidikan islam UIN Raden Fatah, Muzamil Wijayanto mengatakan selain untuk memberdayakan warga agar bersama-sama ke masjid, ialah agar karang taruna bersatu dan kompak untuk memajukan desa ini.

"Yang pastinya meningkatkan ibadah mereka melalui sholat maghrib dan isha berjamaah dalam beribadah yang akan rutin diadakan Senin dan Rabu malam," katanya pada Kaganga.com, (10/2/2016).

Ia menambahkan, karang taruna disini kadang tidak kompak dan masih malas-malasan, mereka masih dengan kegiatan kepentingan indvidu seperti berkebun.

Dalam metode pengajarannya, Muzamil menerangkan ada beberapa tingkatan, dari situ akan di tes jika sudah tahu hurufnya naik ke iqro 2 dan seterusnya, kalau sudah tahu panjang pendek tajwid, tasydid dan lainnya dan lancar akan naik ke tingkat alquran.

Seperti yang dituturkan ketua karang taruna Setie Sakti, desa Durian Dangkal kecamatan Mulak Ulu, Deswawansyah, kegiatan agama mengaji dan sholat berjamaah di masjid terakhir dilakukan tahun 2013 lalu, yang pengajarnya dari desa tetangga. Sebelumnya, karang taruna di desa ini hanyalah bermain voli dan bulu tangkis saja.

"Alhamdulliah bisa mengulang pelajaran, ini kegiatan postif, meskipun untuk sekarang ini warga belum terlalu antusias, masih malu-malu, tapi inshaallah kedepan warga mau ikut bergabung," tuturnya.

Dirinya berharap, kedepan seluruh karang taruna antusias mengikuti program ini, dan akan terus lanjut karena memang sebelum ada KKN ini sudah menjadi rencana karang taruna dalam membuka pengajian.

Selain mengajar mengaji, mahasiswa KKN UIN Raden Fatah juga mengajak warga membuat kaligrafi untuk meningkatkan keahlian mereka.

Penulis : Fadhila Rahma
Editor : Riki Okta Putra

Tag : uin raden fatah KKN Lahat

Komentar