15 Mar 2016 05:10

Tagihan Lampu DPJPP Palembang Hemat 200 Miliar

Tagihan Lampu DPJPP Palembang Hemat 200 Miliar
aktivitas pembangunan LRT yang membuat lampu jalan harus dialihkan

Kaganga.com, Palembang - Meski pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) sempat membuat rugi pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, ternyata akibat banyaknya aset milik Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang yang hancur. Ternyata ada juga keuntungan yang didapatkan dibalik pembangunan itu.

Sekretaris DPJPP Palembang, Novrian Fadillah mengaku, dibalik banyaknya taman dan lampu jalan dicabut karena adanya pembangunan LRT ada keuntungannya juga bagi dinasnya. Yaitu, tagihan listrik untuk lampu jalan yang biasanya membengkak kini menjadi hemat sebesar Rp200 Miliar.  

"Tagihan listrik kita mengalami penurunan. Meski tidak terlalu signifikan, penertiban lampu jalan akibat adanya pembangunan LRT membuat tagihan pada bulan ini turun sekitar Rp 200 miliar," ujarnya.

Nofrian menerangkan, tagihan listrik untuk lampu jalan yang dibebankan bisa mencapai Rp 5 miliar perbulan. Namun adanya penertiban lampu di median jalan karena pembangunan LRT membuat tagihannya turun. Karena lampu jalan yang dilepas sebanyak 300 unit.

"Untuk sementara tagihan kita turun, tapi setelah dipindahkan ke jalan Noerdin Pandji, maka tagihannya akan kembali seperti semula," terangnya.

Nofrian juga mengungkapkan, saat ini Palembang membutuhkan sebanyak 180 unit lampu jalan, sehingga Palembang terang dan bebas gelap. Untuk mewujudkan itu, pihaknya sedang berupaya, karena ada 700 titik yang harus dipasang lampu jalan. Namun saat ini masih dipikirkan untuk melakukan penghematan tagihan listrik jika 700 titik ini terpasang lampu jalan.

"Kami sedang berupaya mengganti lampu jalan yang lebih hemat energi listrik. Sehingga dengan pergantian tagihan listrik dapat lebih menghemat dibandingkan tagihan sekarang, namun pergantian lampu jalan belum dapat dilakukan sekarang ini," pungkasnya.

Penulis : Abdullah Chonte

Tag : lampu jalan hemat DPJPP Palembang LRT Palembang

Komentar