10 Sep 2015 19:40

Vakum Dua Tahun, Karang Taruna Coba Bangkit Lagi

Vakum Dua Tahun, Karang Taruna Coba Bangkit Lagi

 

Kaganga.com, Palembang - Pemilihan Ketua Karang Taruna, akhirnya di menangkan oleh Yudha Novanza Utama. Hal ini telah ditetapkan oleh Panitia Temu Karya Daerah (TKD) Kota Palembang dalam masa baktinya 2015-2020.

Pemilihan yang sebelumnya memiliki dua kandidat yakni Yudha dan Napoleon, pada akhirnya pihak Napoleon mundur dari kandidat tepat pada hari pemilihan, Kamis (10/9/2015).

"Kandidat Napoleon mengundurkan diri, kemudian berbalik mendukung kita untuk menjalankan roda karang taruna sebagaimana mestinya," kata Yudha usai acara TKD Karang Taruna Kota Palembang di Hotel Garudamas, Kamis (10/9).

Meski sempat vakum kurang lebih selama dua tahun dari kepengurusan ketua karang taruna sebelumnya untuk periode hingga 2017 nanti, akhirnya kepengurusan diperbarui ulang dengan memilih ketua yang baru.

'Fakum sejak 2012, ketua masih ada tetapi fakum karena kesibukan, akhirnya ketua sebelumnya mengundurkan diri, jadilah pemilihan baru. Untuk kelurahan, kecamatan masih jalan, hanya yang kota saja fakum," terangnya.

Ditanya mengenai program kedepan, Yudha mengungkapkan ingin menjadi motor pemuda kedepan dalam kemasyarakatan. Selain itu, melihat Palembang sekarang dipenuhi dengan asap, kemungkinan dalam jangka beberapa hari kedepan akan melaksanakan aksi sosial darurat asap untuk membagikan masker,kemudiam kali bersih untuk menghindari banjir.

"Yang jelas aktifkan lagi karang taruna, berikutnya mensuport program pemerintah Dinsos dan walikota untuk Palembang Emas," ujarnya.

Ia menambahkan, jelang Asian Games karang taruna ingin berperan aktif lagi dalam menjalankan kegiatan yang berkoordinasi dengan provinsi.

"Karang taruna kota sifatnya koordinasi, apa kegiatan provinsi kita suport, sekarang belum ada instruksi dari Pemprov," tuturnya.

"Jelang Asian Games karang taruna ingin berperan aktif, saya akan koordinasi ke koni untuk diajak peran serta aktif, apalagi Palembang tuan rumah. Mugkin sebagai LO disiapkan dari kader karang taruna," ungkapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Kepala Dinsos Palembang, Drs Faizal menyambut baik dengan keaktifan kembali karang taruna di Palembang. Pasalnya, dirinya juga sempat menyayangkan karang taruna yang sudah fakum sejak tahun 2012. Faizal berpesan, karang taruna Palembang harus siap menjadi penggerak dan membantu roda pemerintahan.

"Kita selalu siap memudahkan organisasi kepemudaan untuk menjalankan niat dan tugas baik bagi masyarakat. Pasalnya, pemerintah juga ikut terbantu dengan adanya karang taruna.

Penulis : Fadhila Rahma
Editor : Riki Okta Putra

Tag : karang taruna vakum aklamasi

Komentar