27 Nov 2022 10:35

Feby Deru Ungkap Bantuan Berbagai Pihak Jadi Penyemangat PMI Sumsel Berikan Layanan yang Lebih Maksi

Feby Deru Ungkap Bantuan Berbagai Pihak Jadi Penyemangat PMI Sumsel Berikan Layanan yang Lebih Maksi

Kaganga.com,PALEMBANG - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumsel Hj Feby Deru mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi atas berbagai bantuan yang diberikan mitra kepada PMI Sumsel. Bantuan tersebut diakuinya semakin menjadi penyemangat PMI Sumsel untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Hal itu dikatakan Feby Deru pada acara Penyerahan Bantuan dan Penghargaan kepada PMI kab/kota, Mitra PMI, Pendonor serta Penerimaan Ambulans Unit Layanan Donor Darah PT. PGN Tbk, Mobil Pelayanan Kesehatan Forum Kader Posyandu dan Kursi Donor Darah Bank Sumsel Babel (BSB), di Griya Agung Minggu (27/11) pagi. 

Ketua PMI Sumsel Hj Feby Deru saat iti  juga  mengatakan PMI Sumsel telah melakukan berbagai langkah strategis guna memaksimalkan layanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan rapat koordinasi peningkatan sinergitas layanan dan pelatihan bersama PMI kab/kota selama enam hari penuh. 

Pihaknya juga tanpa sungkan melakukan jemput bola dalam melakukan donor kepada sejumlah komunitas di Sumsel salah satunya komunitas Tionghoa beberapa waktu terakhir. 

"Alhamdulilah darah yang terkumpul langsung kita salurkan ke RS-RS, " jelas Feby. 

Feby menambahkan dengan  berbagai bantuan dari PGN Tbk dan Bank Sumsel serta Forum Posyandu diyakininya akan semakin menjadi penyemangat bagi PMI Sumsel untuk memberikan pelayanan maksimal bagi seluruh masyarakat Sumsel. 

" Kami sangat berterimakasih atas bantuan ambulans unit layanan donor darah dan kursi donor darah. Ini tentu akan menjadi penyemangat kami PMI Sumsel untuk semakin memberikan layanan maksimal kepada masyarakat," tegasnya. 

Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang juga merupakan Pelindung PMI Sumsel mengatakan turut mengapresiasi berbagai perusahaan yang telah menyalurkan bantuan pada PMI Sumsel. 

Ia berharap dengan bantuan ini, PMI Sumsel yang sudah agresif membantu masyarakat dapat semakin agresif menjalankan tugas dan fungsinya memberikan pertolongan baik dalam suatu kejadian bencana maupun kegiatan sosial lainnya yang bersifat kemanusiaan.

" Saya melihat bahwa pemberian bantuan dan penghargaan ini adalah cara kita menjaga semangat PMI yang identik sebagai penolong. Dengan berbagai langkah agresif yang telah dilakukan PMI sekarang kita harap akan lebih agresif lagi dengan adanya bantuan ini," jelasnya. 

Menurut Herman Deru, PMI  Sumsel sudah sangat agresif melakukan  upaya dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kegiatan dan aksi jemput bola yang mereka lakukan baik kepada komunitas maupun ke OPD-OPD di lingkungan Pemprov Sumsel demi mencukupi pemenuhan kebutuhan darah di Sumsel. PMI menurutnya juga cepat tanggap turun memberikan bantuan dalam berbagai bencana yang terjadi di kab/kota. 

" Harus kita akui dengan anggaran terbatas dari APBD, geliat kegiatan PMI tetap masif di lapangan. Lihat saja saat ada bencana PMI selalu hadir," tambahnya. 

Bahkan Gubernur Herman Deru meminta agar pengurus PMI  kab/kota memanfaatkan waktunya untuk meningkatkan kemampuan pengurus dengan melakukan pelatihan-pelatihan. 

"Bisa tiru pola TNI dimana saat tidak berperang mereka selalu berlatih. Saya izinkan PMK Kabupaten/kota bisa berlatih di Bumi Perkemahan Gandus, silakan gunakan fasilitas yang ada. 

Menurutnya pelatihan diperlukan karena saat turun ke lapangan, PMI belum tahu kondisi di lapangan sehingga membutuhkan kecakapan. 

"Jadi PMI tidak hanya identik dengan seragamnya tapi juga identik dengan kecakapannya," pungkas Herman Deru. 

Selain menyaksikan penyerahan bantuan dari Mitra PMI kepada PMI Sumsel, dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga ikut menyerahkan penghargaan kepada 5 PMI kab/kota terbaik dan penghargaan pada PMI kab/kota se Sumsel serta penghargaan kepada pendonor yang sudah mendonor sebanyak 75 kali. Dalam kesempatan itu dilakukan juga penyerahan bantuan kepada organisasi Thalasemia. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah Provinsi

Komentar