17 Ags 2022 14:30

Gotong Royong Wujud Kepribadian Bangsa

Gotong Royong Wujud Kepribadian Bangsa

Kaganga.com,Palembang - Pemerintah Kota Palembang menggelar upacara peringatan (HUT RI) Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke- 77 di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Rabu (17/8/2022). 

 

Upacara HUT RI ke-77 berjalan hikmat dan semarak. 

 

Upacara tersebut secara langsung dihadiri oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo, yang juga sebagai Inspektur Upacara. 

 

Hadir pula Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda, Ketua DPRD Zainal Abidin, Sekretaris Daerah Ratu Dewa, Forkompinda Kota Palembang.

 

"Alhamdulilah upacara penaikan bendera merah putih di pelataran BKB bisa kita laksanakan kembali pasca dua tahun pandemi covid 19," ujar Harnojoyo. 

 

Ia melanjutkan, perayaan dan kemeriahan HUT RI tahun ini sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Palembang. 

 

"Ini juga diikuti dengan mengadakan beberapa rangkaian acara dan lomba di tempat tinggal mereka masing-masing demi memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia," ujar Harnojoyo pula. 

 

Dalam sambutannya, Harnojoyo juga mengatakan, jika Hari kemerdekaan tahun ini mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. 

 

Tema ini harus benar-benar kita maknai dengan seksama, setelah selama lebih kurang dua tahun kita berjuang melawan Covid-19. 

 

"Berkat kerja keras kita semua, saat ini Bangsa Indonesia mulai pulih, baik pulih secara kesehatan, dan pulih secara ekonomi. Kekuatan pulih inilah yang menjadi semangat untuk bangkit lebih kuat menatap masa depan yang lebih cerah dengan kerja nyata." 

 

Dikatakan Harnojoyo, kemerdekaan yang saat ini kita rasakan, memberi makna bagi seluruh rakyat Indonesia untuk selalu menjadi lebih baik. 

 

Semua itu hanya bisa dicapai dengan kerja keras, bersinergi, kolaborasi, inspirasi dan semangat tiada henti untuk berkarya nyata dalam pembangunan bangsa menuju kejayaan Indonesia hingga kancah global.   

 

"Di saat pandemi covid 19 lalu, melanda negeri ini, kita melihat ideologi Pancasila telah bekerja dengan konkrit memandu bangsa Indonesia menciptakan gerakan gotong royong yang massif secara bergantian. Dengan kesadarannya sendiri warga masyarakat kita saling tolong menolong dan gerakan itu terjadi hampir di seluruh pelosok daerah," jelasnya.

 

Kegiatan ini juga (Gotong royong) dalam skala besar ini meyakini menjadi salah satu kunci utama pemulihan kekuatan sosial dan ekonomi pasca pandemi bangsa Indonesia.

 

"Alhamdulillah, berkat kerja bersama, gotong royong pandemi covid 19 dapat ditangani dengan baik. Inilah hasil kerja bersama kita gotong royong melawan pandemi, inilah wujud kepribadian bangsa Indonesia," ujar Harnojoyo. 

Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah Kota Pale

Komentar