19 Okt 2022 17:10

Palembang Belum Mampu Pasang Lampu Jalan Sesuai Target, Masih Butuh 30 Ribu Lampu Jalan

Palembang Belum Mampu Pasang Lampu Jalan Sesuai Target, Masih Butuh 30 Ribu Lampu Jalan

Kaganga.com,Palembang- Sebagai salah satu program pengembangan infrastruktur daerah. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus berupaya mengoptimalkan kebutuhan fasilitas publik seperti memenuhi pemasangan lampu jalan di setiap sudut kota.

 

Namun fakta di lapangan, Pemkot belum mampu memenuhi kebutuhan pemasangan lampu jalan di seluruh wilayah termasuk di jalan pemukiman dan jalan protokol akibat keterbatasan anggaran.

 

"Karena keterbatasan anggaran, pemasangan lampu jalan dilakukan secara bertahap. Tahun ini baru bisa dipasang sekitar 1.300 titik," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Palembang Affan Prafanca, Rabu (19/10/2022).

 

Pemkot Palembang menargetkan pemasangan lampu jalan dilihat dari kebutuhan masyarakat mencapai sekitar 30 ribu titik lampu jalan sudah termasuk pemasangan di kawasan-kawasan perumahan dan akses jalan pemukiman.

 

"Namun kondisi pendanaan yang belum bisa meng-cover, pemasangan lampu jalan berproses. Tahun depan rencananya ada tambahan lagi sekitar 2.000 titik," ungkapnya.

 

Alokasi dana yang disipkan untuk pemasangan lampu jalan di jalan-jalan besar  Palembang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan hasil pokok pikiran (pokir) dalam pembahasan Ringkasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD).

 

"APBD ini banyak pembagiannya tidak hanya fokus di lampu jalan," timpalnya.

 

Selain untuk memaksimalkan fasilitas publik yang disediakan Pemkot Palembang bagi masyarakat, pemasangan lampu jalan juga sangat penting untuk menambah penerangan di setiap sudut kota agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

"Saat ini Palembang sudah ada 49 ribu lampu jalan dan perlu tambahan lagi sekitar 30 ribu pemasangan. Kedepannya pemasangan ini bisa memberikan keamanan kepada warga dan diharapkan dapat menekan angka kriminalitas," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni

Tag : Pemerintah Kota Pale Lampu Jalan

Komentar